4 Kesalahan Orangtua Yang Membuat Anak Jadi Pembangkang

Reporter : Gisela Niken
Editor : Gisela Niken

Waspada anak bisa jadi pembangkang karena kesalahan orangtua

4 Kesalahan Orangtua Yang Membuat Anak Jadi Pembangkang (1)

3.Membiarkan anak ketika membenci orangtua
Salah satu perasaan yang mungkin muncul pada anak ialah membenci orangtua. Hal-hal kecil seperti tidak boleh bermain dapat memicu rasa benci pada orangtua. Namun, hal ini tidak boleh dibiarkan lo, Mam. Rasa benci ini sebenarnya hanya menjadi cara anak untuk menarik perhatian Mama. Jangan ikut masuk ke dalam emosinya. Biarkan ia tenang terlebih dahulu dan mengetahui apa yang sebenarnya ingin disampaikan dengan kata benci.

4.Terlalu banyak memuji
Pujian memang sangat penting digunakan. Namun, jangan sampai ketika anak berbuat salah dan tidak melakukan segala sesuatu dengan sempurna Mama tetap memujinya. Pujian akan membuatnya menjadi pihak yang kuat dan membuatnya merasa sudah paling hebat. Hal ini akan menyulitkan Mama ketika memintanya untuk mengoreksi apa yang ia lakukan. Berikan pujian yang membangun seperti “Gambarmu akan jauh lebih bagus jika diwarnai seluruhnya.” Pacu semangatnya untuk bisa melakukan lebih dan lebih lagi.

Baca juga: Waspada, ini tanda anak psikopat

Penyebab anak jadi pembangkang sebenanrya datang dari orangtua. Untuk itu, Mama perlu mengurangi intensitas memanjakan dan mengikuti apa yang diinginkan anak. Tak masalah meminta anak memilih apa yang ia senangi, namun anak masih dalam pengawasan Mama. Pilihan yang ia pilih perlu juga menjadi pertimbangan Mama. Lakukan segala sesuatunya dengan pendekatan cinta dan komunikasi agar tidak ada pemaksaan.


Sumber : []

Reporter : Gisela Niken
Editor : Gisela Niken

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×