Haruskah Anak Memakai Sunblock Saat Terpapar Sinar Matahari?

  • Jumat, 6 Januari 2017 14:45 WIB

Amankah Tabir Surya Untuk Kulit Anak?

Nakita.id - Kita selalu disarankan untuk mengaplikasikan krim tabir surya atau sunblock ketika beraktivitas di luar ruangan. Tak perlu membayangkan Mama sedang berjemur di pantai, atau berenang di kolam renang siang-siang. Bahkan begitu kita keluar dari rumah untuk berkegiatan pun kita disarankan untuk mengenakan sunblock dan sunscreen. Kita juga disarankan untuk mengaplikasikannya 30 menit sebelum kulit terpapar sinar matahari, dan mengoleskannya kembali setiap beberapa jam.

Tentu bukan hanya orang dewasa yang harus beraktivitas di luar rumah. Anak-anak pun pasti sering beraktivitas di luar ruangan. Tidak hanya untuk berenang, bermain sepakbola, atau main ayunan dan perosotan tentu harus dilakukan di luar ruangan saat matahari bersinar terik.

Nah, haruskah anak memakai sunblock saat bermain di luar? Amankah penggunaan tabir surya untuk kulit anak?

"Menurut asosiasi perawatan kulit internasional, saat menginjak usia di atas enam bulan, individu sudah memerlukan perlindungan sinar matahari. Ini juga berlaku bagi mereka yang kerja di dalam ruangan, mereka juga tidak luput dari sinar matahari, apalagi yang umumnya bekerja di dekat jendela," ungkap Melly, SSi MBiomed, dari Research and Development Martha Tilaar Center, beberapa waktu lalu.

Oleh sebab itu, disarankan agar anak-anak menggunakan sunscreen sebelum melakukan aktivitas di luar ruangan yang berisiko terpapar sinar matahari langsung. Akan tetapi, orangtua perlu memperhatikan formulasi produk tabir surya yang akan diaplikasikan pada kulit anak-anak.

"Pemakaian sunscreen saat ini sudah banyak pilihan. Banyak produsen sudah pintar menciptakan produk yang sesuai. Jika untuk bayi di atas enam bulan atau anak-anak, gunakan tabir surya yang khusus diformulasikan untuk anak-anak dan bisa berupa gel, krim, atau losion. Tentu saja diatur konsentrasinya. SPF-nya cukup 15 saja," ujar dermatolog dr Astrid, MSi.

Yang juga perlu Mama perhatikan, bahwa produk tabir surya kerap kali terasa lengket di kulit sehingga membuat anak-anak merasa tidak nyaman saat mengenakannya. Oleh sebab itu, ada baiknya pilih ormulasi produk tabir surya yang mengandung air agar tidak terasa lengket di kulit.

Sumber : ["KompasFemale"]

Reporter : Dini Felicitas
Editor : Puri

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×