Ini Pola Asuh Yang Bikin Anak Jadi Susah Bergaul

Ini Pola Asuh Yang Bikin Anak Jadi Susah Bergaul

Editor    : Gisela Niken

Tanggal : Jumat, 20 Januari 2017

Berbagi :

Tabloid-Nakita.com – Ketika bertemu orang baru, anak merasa malu dan takut. Atau berada di situasi yang baru, si kecil pun melakukan hal yang sama dan jadi sulit punya teman Mungkin Mama merasa bingung mengapa anak sulit bergaul. Ada beberapa alasannya yang harus Mama ketahui agar dapat mengambil langkah tepat untuk mengatasi rasa malunya.

Baca juga: Kiat agar anak banyak teman

Tahukah Mama bahwa pemalu juga merupakan faktor genetis? Artinya beberapa anak memang dilahirkan dengan rasa malu. Sejak bayi, biasanya mereka mudah rewel dan sensitif ketika menemui sebuah situasi baru yang membuatnya tidak nyaman. Mama dan Papa yang cenderung pemalu juga dapat membuat anak ikut pemalu. Orangtua merupakan contoh yang pasti akan diikuti oleh anak. Jadi, jangan heran kalo anak pemalu jika Mama dan Papa juga melakukan hal yang sama.

Anak yang pemalu juga disebabkan oleh pola asuh yang terlalu manja. Ketika masuk di usia pra-sekolah, jangan sering melarang anak melakukan aneka kegiatan bersama teman. Jika terlalu menempel dengan Mama, anak akan tidak memiliki kepercayaan diri dan tidak beradaptasi dengan situasi baru. Mama yang terlalu overprotektif juga justru membuat anak jadi lebih sering cemas.

Baca juga: Mengatasi anak yang sulit bergaul

Mama yang terlalu overprotektif membuat anak kurang memiliki waktu untuk mencoba berinteraksi dengan orang lain. Keterampilan sosial akan didapatkan dengan mereka sering berinteraksi dengan orang lain. Jangan terlalu banyak membatasi anak. Jika si kecil mendapatkan masalah, jangan terlalu banyak memberikan reaksi dan kritik. Hal tersebut akan membuat anak takut dan semakin cemas.

Jangan cuek terhadap anak yang pemalu sebab mungkin ada hal-hal buruk yang tidak Mama ketahui. Jangan menganggap bahwa si kecil memang pemalu. Mama harus membuka komunikasi agar mengetahui apa yang terjadi pada dirinya. Siapa tahu ada hal yang membuatnya malas bergaul dengan orang lain. Mama harus membantu anak untuk mengatasi rasa malu tersebut.

Baca juga: Punya teman akrab bikin anak luwes bergaul

Anak yang berusia 1 hingga 3 tahun memang cenderung takut degan orang asing. Namun, ini adalah proses yang harus dilalui untuk membuat anak lebih percaya diri. Mama perlu membantu anak untuk mengatasi aneka alasan mengapa anak sulit bergaul. Jangan sampai justru Mama yang menjadi penyebab anak tidak punya keterampilan sosial yang baik.

 

Sumber :

PENULIS

Gisela Niken