Jadi Teladan Agar Anak Tumbuh Jadi Anak Cerdas dan Sukses

  • Kamis, 20 April 2017 11:00 WIB

Selalu dampingi anak untuk menemukan hal-hal baru bersama. | TODAY'S PARENT

Nakita.id - Mengasuh anak di zaman sekarang memang penuh tantangan. Kita tidak bisa membandingkannya dengan masa kecil kita dulu. Anak-anak sekarang lebih terobsesi pada teknologi dibandingkan kegiatan bermain di luar dan beraktivitas bersama teman-teman secara langsung,

Lantas, bagaimana agar anak bisa tumbuh menjadi anak yang cerdas dan sukses di kemudian hari? Menurut ahli psikologi dari Harvard University, sukses membesarkan anak sebenarnya tidak sesulit yang kita kira. Berikut adalah 6 rahasia sukses membesarkan anak cerdas:

1. Habiskan waktu berkualitas bersamanya
Sejak anak masih balita, terlibatlah langsung dalam hidupnya. Biasakan untuk mengajaknya berkomunikasi dan jadilah pendengar yang baik. Kalau Ibu seharian bekerja di kantor, luangkan waktu untuk mengobrol dan tanyakan padanya pengalaman menarik apa yang didapat pada hari ini.

Lakukan berbagai hal yang disukainya bersama-sama, misalnya bermain pesta teh bersama anak perempuan Ibu atau mengajak si Buyung bermain lempar bola di akhir minggu. Bacakan buku favoritnya sebelum tidur. Si Kecil butuh kehadiran Ibu untuk berbagi pengalaman dan dari kebersamaan itu ia akan belajar peduli dan perhatian terhadap orang lain.

2. Jadilah teladan bagi si Kecil
Anak-anak selalu belajar dari lingkungan sekitarnya. Jadi, apa pun yang Ibu lakukan, ia akan mengikutinya.

Untuk menjadi teladan yang baik untuk si Kecil, Ibu terlebih dulu harus paham bahwa Ibu tidak perlu tampil sempurna. Jika Ibu melakukan kesalahan padanya, akuilah di depan si Kecil dan mintalah maaf darinya. Ia pun akan paham bahwa semua orang tidak ada yang luput dari kesalahan.

3. Ajarkan dia untuk peduli terhadap orang lain
Tanamkan sejak kecil pada diri si Kecil, bahwa menekan sikap egois dan peduli akan kebahagiaan orang lain akan membawa banyak manfaat bagi dirinya. Untuk itu, Ibu pun perlu mengubah pola pikir Ibu sendiri, dari beranggapan "yang terpenting kita bahagia" menjadi "yang terpenting kita berbuat baik dan bahagia."

4. Tetapkan standar moral yang tinggi
Anak-anak perlu belajar sejak kecil seputar tanggung jawab dan kewajibannya. Ibu bisa mengajarkan mereka dengan menetapkan beberapa aturan di rumah. Misalnya, membantu pekerjaan orangtua di rumah,  membereskan mainan setelah selesai bermain, bersikap baik saat bermain bersama teman, dan membiasakan diri menepati janji yang telah dibuat.

5. Ajak si Kecil bersyukur
Biasakan anak untuk selalu mengucapkan terima kasih untuk segala hal, baik berupa ucapan maupun dalam bentuk doa. Ajak dia untuk juga bersyukur atas apa yang sudah ia miliki dalam hidup, mulai dari orangtua, anggota keluarga, hingga teman-teman dan orang lain yang ia kenal.

6. Perlihatkan dan jelaskan apa yang terjadi di dunia sekelilingnya
Umumnya, anak lebih berempati terhadap orang-orang terdekatnya. Nah, tantangan Ibu berikutnya adalah membuatnya lebih peduli pada orang-orang yang tidak dikenalnya. Berilah pengertian padanya bahwa apa yang mereka lakukan bisa berpengaruh terhadap komunitas di sekitarnya. Misalnya, membuang sampah pada tempatnya akan membuat lingkungan lebih bersih dan terhindar dari banjir. Sejalan dengan usianya, Ibu bisa menceritakan berita terbaru dan mengajaknya berdiskusi untuk membentuk pandangannya.

Dengan tips ini, semoga Ibu bisa menjadi teladan agar anak tumbuh jadi anak cerdas dan sukses ya.

Sumber : ["curious mind"]

Reporter : Irene Harris
Editor : Dini Felicitas

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×