Mengenal Hipertiroid dan Hipotiroid, Gangguan Kelenjar Tiroid pada Anak

  • Selasa, 6 September 2016 18:05 WIB

Mengenal Hipertiroid dan Hipotiroid, Gangguan Kelenjar Tiroid pada Anak

Tabloid-Nakita.com – Apa itu gangguan pada kelenjar tiroid? Tiroid merupakan salah satu kelenjar endoktrin yang menghasilkan hormon. Hormon ini berfungsi untuk mengontrol aneka kegiatan dalam tubuh termasuk membakar lemak dan mengelola metabolisme tubuh.Gangguan kelenjar tiroid pada anak kadang tidak disadari dan dianggap sepele oleh beberapa orang.

Baca juga: Cegah keterbelakangan mental, waspadai masalah ini pada bayi

Masalah fungsi pada kelenjar tiroid ini biasanya bisa dilihat dari bentuk kupu-kupu di bawah leher tepat di atas tulang selangka. Masalah ini terbagi di dalam dua jenis yakni hipertiroid dan hipotiroid. Dalam kondisi hipertiroid, tiroid cenderung terlalu aktif dan menyebabkan hipertiroidisme. Kondisi ini akan membuat sistem kekebalan tubuh anak membuat antibodi yang tidak normal. Sementara dalam kondisi hipotiroid justru sebaliknya. Biasanya hipotiroid membuat penurunan aktivitas tiroid.

Baca juga: Bayi pendiam dan jarang nangis waspadai hipotiroid

Bagaimana caranya agar Mama mengenali gangguan kelenjar tiroid ini? Dalam hipertiroid, anak cenderung memiliki detak jantung yang lebih cepat. Secara fisik Mama bisa melihat kelenjar tiroid yang membesar. Si kecil bisa saja mengalami susah tidur serta berkeringat di malam hari. Ia akan mengalami penurunan nafsu makan yang berujung pada penurunan berat badan.

Sementara anak yang mengalami hipotiroid cenderung tidak mengalami penurunan nafsu makan namun berat badan tetap berkurang. Namun, anak tetap mengalami penurunan seperti penurunan energi dan laju pertumbuhan. Biasanya anak akan mengalami rambut rontok, nyeri otot hingga kulit kering. Mama perlu segera membawa si kecil ke dokter jika mengalami gejala tersebut sebab kerap kali gangguan kelenjar tiroid ini tidak disadari Mama.

Baca juga: Hormon tiroid sebabkan sulit hamil

Gangguan kelenjar tiroid pada anak sangat penting untuk diidentifikasi. Sebab setiap anak mungkin mengalami gejala dan membutuhkan pengobatan yang cukup berbeda. Gangguan tiroid sangat menganggu tumbuh kembangnya sebab berhubungan dengan hormon. Pemahamam mengenai gejala gangguan tiroid sangat penting untuk memastikan diagnosis dan pengobatan masalah kesehatan ini.

(Niken/Medical Daily)

Reporter : Gisela Niken
Editor : Gisela Niken

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×