Panduan Tepat Ajarkan Balita Menulis

  • Kamis, 12 Oktober 2017 13:00 WIB

Panduan Tepat Ajarkan Balita Menulis

Nakita.id - Sebagai orangtua, pengasuh dan pendidik, kita semua ingin mendorong anak-anak kita untuk mempelajari keterampilan yang mereka butuhkan untuk kehidupannya yang akan datang.

Namun, banyak dari kita kurang memikirkan tentang bagaimana keterampilan anak dapat berkembang, atau pada usia berapa kita dapat mendorong kita untuk belajar menulis.

Kapan anak-anak mulai belajar menulis?

Kita mungkin berpikir bahwa anak-anak tidak akan benar-benar belajar menulis sampai mereka mendekati usia sekolah. Tapi sebuah studi yang dilakukan oleh Washington University di St. Louis menemukan fakta sebaliknya.

Penelitian yang dipublikasikan di jurnal Child Development menunjukkan bahwa anak-anak benar-benar mulai belajar keterampilan menulis sejak usia tiga tahun.

Sebelumnya, ahli pengembangan anak mengasumsikan, anak-anak belajar menulis hanya sekali ketika mengetahui suara yang mewakili setiap huruf.

Jadi misalnya, sekali anak mengetahui seperti apa suara "A", ia bisa menghubungkan suara itu dengan tulisan huruf yang mewakili suara yang mereka dengar.

Sebaliknya, penelitian ini menemukan bahwa anak-anak akan benar-benar mempelajari dasar-dasar penulisan sebelum mereka mempelajari huruf apa yang mewakili suara tertentu.

Rebecca Treiman, profesor ilmu psikologis dan otak menjelaskan, penelitian tersebut menunjukkan bahwa anak-anak memiliki pengetahuan tentang formula bahasa tertulis, seperti huruf yang biasanya dikelompokkan bersama, sebelum mereka mengetahui apa sebenarnya huruf-huruf tersebut.

Otak muda mereka mengenali pola dalam kata-kata yang mungkin mereka lihat dalam sebuah buku, bahkan sebelum mereka tahu apa arti pola itu atau arti kata-kata itu.

Sumber : very well

Reporter : Avrizella Quenda
Editor : Santi Hartono

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×