Terungkap! Ini Rahasianya Membesarkan Anak-anak yang Baik, Peduli, dan Bertanggung Jawab

  • Kamis, 12 Oktober 2017 11:00 WIB

Terungkap! Ini Rahasianya Membesarkan Anak-anak yang Baik, Peduli, dan Bertanggung Jawab

Nakita.id - Sebagai orangtua, kita semua berusaha untuk membesarkan anak-anak agar memiliki perilaku dan kepribadian baik. Sebuah peneltian yang baru-baru ini dipublikasikan oleh Harvard University, rahasianya  ternyata terletak pada membesarkan anak-anak yang peduli.

Gagasan di balik The Making Caring Common Project (MCC) adalah membantu orangtua dan pendidik dalam hal membesarkan anak-anak yang peduli, bertanggung jawab kepada masyarakat, dan berkomitmen terhadap keadilan. Dalam proyek itu disebutkan, ada 5 aturan sederhana untuk menanamkan dan merawat sifat peduli pada anak-anak sejak dini!

1 # Menghabiskan waktu berkualitas bersama anak-anak. Meskipun ini sudah banyak dibahas, buktinya masih banyak orangtua yang kurang menghabiskan waktu berkualitas dengan anak-anak mereka.

Definisi waktu yang berkualitas adalah waktu yang dihabiskan secara teratur, dan berarti melibatkan anak-anak. Salah satu cara melakukannya adalah dengan mengajukan pertanyaan terbuka kepada mereka. Ini akan mendorong percakapan yang berarti.

Bila Ibu telah mencoba melakukan ini. artinya Ibu menunjukkan kepada mereka bagaimana hubungan yang baik itu terjalin dengan seharusnya. Tindakan ini akan menjadi patokan untuk hubungan interpersonal masa depan mereka.

(Baca juga : 5 Kebiasaan Buruk Anak-anak yang Bisa Berubah Jadi Baik)

2 # Menjadikan diri panutan yang solid. Setiap orangtua berpengaruh dalam membawa perubahan positif pada anak-anaknya. Untuk itulah Ayah Ibu perlu konsisten bertindak sebagai contoh atau teladan.

Memang  bukan hal yang mudah dilakukan, tapi jadilah perubahan yang ingin Ibu lihat pada anak-anak nantinya. Sebab, mereka akan belajar banyak dari Ibu dan Ayah.

Jika anak telah bertingkah laku buruk, beritahu si kecil bahwa itu salah, tapi juga tunjukkan kepadanya cara yang benar untuk menghadapi situasi seperti itu.

3 # Mengharapkan kepedulian dan kebaikan dari anak-anak. Anak-anak, terutama yang berusia di bawah 7 tahun bercermin dari orangtua dalam segala hal yang mereka lakukan.

Sumber : theasianparent.com

Reporter : Avrizella Quenda
Editor : Santi Hartono

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×