7 Tip Untuk Membantu Bayi Belajar Berjalan

7 Tip untuk Membantu Anak Belajar Berjalan

Editor    : Saeful Imam

Tanggal : Kamis, 20 April 2017

Berbagi :

Nakita.id - Kapan bayi Ibu sudah mulai berjalan? Usia khas seorang bayi mulai belajar berjalan adalah sekitar 12 atau 13 bulan, meskipun ada banyak bayi yang bisa berjalan lebih awal. Namun, adapula anak yang belum bisa berjalan di usia ini, tetapi perkembangannya berjalan dengan normal. Ini semua masih dikatakan wajar karena setiap bayi memiliki variasi pertumbuhan yang berbeda-beda. Rentang normal kemampuan berjalan bayi adalah 9-18 bulan. 

Ibu tidak perlu khawatir jika anak belum menemukan cara terbaik belajar berjalan dan masih nyaman dalam posisi duduk, karena bayi yang sudah siap akan mulai bergerak dalam posisi tegak.

Sementara, Ibu perlu khawatir jika anak mengalami keterlambatan dalam perkembangannya, misalnya seperti keterlambatan bahasa, kontrol tangan, dan sebagainya. Berikut 7 tip agar anak bisa mulai belajar berjalan:

1. Tidak terlalu memaksa anak

Biarkan si kecil mulai berjalan pada kecepatan dan kemampuannya sendiri. Sebaiknya, Ibu tidak perlu memaksakan anak terlalu keras karena Anda merasa anak lain dengan usia yang sama sudah begitu lincah berjalan dan berlarian akibat memiliki perkembangan gerak yang lebih cepat. Jika dipaksakan, anak mungkin akan merasa kecewa karena berpikir tidak dapat memenuhi harapan Anda tentangnya.

(Baca juga : 5 Mainan yang Dapat Membantu Agar Anak Cepat Berjalan)

2. Memberikan kesempatan praktik

Anak membutuhkan akses pengalaman yang memungkinkan ia untuk berlatih dan meningkatkan keterampilan berjalan, dan itu bergantung pada orangtua yang akan memberikannya kesempatan. Bawa si kecil jalan-jalan di taman, biarkan ia berkeliaran di rumah dengan pengawasan Anda, dan menempatkan peralatan bermainnya di teras rumah. Ini akan membantunya mengeksplor perkembangan geraknya.

3. Yakinkan anak Anda

Anak mungkin menangis ketika ia menyadari bahwa ia tidak berhasil berjalan ke puncak tangga atau tidak bisa berjalan di tanah yang tidak rata. Untuk itu, beri ia kenyamanan dan jaminan ketika kasus kegagalan terjadi, ibu hanya akan menyuruhnya untuk tetap mencoba dan mencoba lagi. Sebuah kesuksesan kecil pada keterampilan fisiknya dapat meningkatkan rasa kepercayaan dirinya.

4. Menyadari keselamatan anak

Anak yang bahagia tahu tentang bahaya dan jauh lebih peduli saat menjelajahi lingkungan sekitarnya. Itu sebabnya Anda perlu memastikan bahwa rumah Anda adalah tempat yang aman untuk anak dapat bereksplorasi sendiri. Pertimbangkan penggunaan pintu pembatas di setiap ujung tangga dan kunci jendela.

(Baca juga : 6 Kiat Agar Anak Cepat Berjalan)

5. Membuat kegiatan gerakan yang menyenangkan

Anak Anda akan belajar keterampilan gerakan terbaik ketika ia merasa bahwa hal tersebut menyenangkan, bukan sesuatu yang dapat membuatnya tegang dan cemas. Tertawa dan bercanda dengannya ketika ia merasa ragu untuk belajar berjalan akan membantunya merasa nyaman dan membuatnya menikmati masa-masa pembelajaran ini. Sehingga dengan cara Ibu mendukung anak belajar dengan tepat, membantunya berjalan lebih cepat.

6. Mendukung anak bermain di luar

Banyak taman bermain memiliki area petualangan yang aman untuk anak, dengan banyak daerah empuk untuk anak bisa belajar berjalan. Tentu saja anak akan senang, selama Ibu tetap berada di sampingnya.

(Baca juga : Ini 4 Cara untuk Membantu Bayi Belajar Berjalan)

7. Lakukan setiap tahapan kecil

Jika anak Anda tidak memiliki kepercayaan diri untuk mengambil langkah pertama, dengan lembut Anda mendukungnya untuk menggerakkan kakinya sedikit. Berikan anak pujian untuk prestasi ini. Dukung anak untuk selalu menggerakkan kakinya ke depan sedikit demi sedikit secara bertahap untuk membuatnya belajar lebih baik dan cepat.

 

Sumber : young parents

PENULIS

Avrizella Quenda