Anak Sering Flu? Tenang Saja, Obati dengan Bahan Alami Ini

  • Rabu, 13 September 2017 15:45 WIB

Obat Flu Alami untuk Batita

Nakita.id - Apabila si kecil batuk, demam, atau hidungnya berair dan tersumbat, cobalah obat flu alami untuk batita di bawah ini. Meski tak langsung menyembuhkan (karena flu yang disebabkan virus akan sembuh sendiri), setidaknya saran ini akan membantu si kecil merasa lebih baik.

#1 Banyak istirahat.

Dibutuhkan banyak energi untuk bisa melawan infeksi virus penyebab flu, dan kondisi ini bisa membuat si kecil lelah. Ketika sedang beristirahat berarti mereka sedang dalam proses penyembuhan, dan itulah yang benar-benar mereka butuhkan.

Istirahat juga sangat berhubungan dengan sistem kekebalan tubuh. Ini dibuktikan oleh banyak studi yang menemukan orang yang kurang tidur lebih mudah terserang flu. Ibu hanya memerlukan tempat yang nyaman untuk si kecil beristirahat tanpa gangguan.

(Baca juga : Bukan Flu, Anak yang Sering Bersin-bersin Mungkin Alami Gangguan ini)

#2 Madu.

Tenggorokan yang gatal karena batuk bisa sebabkan si kecil menjadi tidak nyaman dan rewel. Cobalah berikan setengah sendok teh madu murni 30 menit sebelum mereka tidur. Madu mampu meredakan batuk dan membuat tidur si kecil lebih lelap.

Catatan: Jangan lakukan ini untuk bayi yang berusia di bawah 12 bulan ya. Bayi masih rentan pada spora botulisme yang banyak ditemukan pada madu. Botulisme adalah senyawa yang dapat menimbulkan keracunan makanan.

#3 Oleskan balsam.

Metode ini bisa membantu si kecil tidur lebih baik pada malam hari. Meski studi menemukan bahan-bahan dari balsam tidak memberikan pengaruh pada hidung tersumbat, tapi mereka bisa membuat penderita flu seolah-olah merasa bisa bernapas lebih baik dan menghasilkan sensasi dingin di hidung.

Carilah balsam yang khusus diperuntukkan untuk usia anak. Lalu, lakukan pemijatan pada dada, leher dan punggung si kecil. Untuk meredakan batuk, oleskan balsam pada telapak kaki si kecil lalu pakaikan kaos kaki.

(Baca juga : Resep Aman dan Alami Atasi Flu Pada Bayi)

#4 Konsumsi cukup air.

Meminum air yang banyak bisa bantu mencegah dehidrasi dan mengatasi rasa sakit di tenggorokan. Untuk anak berusia di bawah enam bulan pemberian ASI dan susu formula sangat dianjurkan. Sedangkan untuk anak yang berusia lebih dari dua tahun, pastikan Anda memberikan air putih dalam jumlah cukup.

#5 Berikan sup ayam.

Kandungan kaldu ayam dalam sup ternyata memiliki sifat anti peradangan yang bisa menenangkan tenggorokan dan melegakan hidung tersumbat. Bahkan studi menemukan sup ayam mampu meredakan gejala flu lain seperti nyeri, lemas, dan demam.

(Baca juga : Apa Perbedaan Antara Flu dan Pilek)

Selamat mencoba, Bu! Semoga si kecil cepat pulih dan kembali aktif ceria.

Reporter : Avrizella Quenda
Editor : Heni

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×