Ini Manfaat Menyusui Hingga Anak Usia 2 Tahun

Reporter : Gisela Niken
Editor : Gisela Niken

Ini Manfaat Menyusui Hingga Anak Usia 2 Tahun

Tabloid-Nakita.com – Kekuatan dan manfaat ASI memang tidak ada yang mengalahkan. The American Academy of Pediatrics bahkan menyarankan untuk setiap wanita menyusui setelah anak berusia satu tahun. WHO dan UNICEF juga mengeluarkan rekomendasi serupa. Mereka merekomendasikan anak perlu disusui selama 2 tahun atau lebih. Salah satu hal yang perlu menjadi pertimbangan adalah akan ada berbagai manfaat menyusui hingga 2 tahun yang akan didapatkan oleh si kecil.

Baca juga: Agar lancar menyusui saat puasa

Menyusui batita memang sedikit berbeda dari menyusui bayi. Pada usia 1 tahun, anak mulai mendapatkan nutrisi dari makanan padat hingga susu sapi sehingga tidak harus setiap waktu makan diisi dengan ASI. Pola makan anak pun berbeda-beda. Ada yang senang makan sayur, ada yang senang makan camilan atau bahkan ada yang tidak senang dengan makanan.  Salah satu manfaat menyusui hingga 2 tahun adalah meningkatkan gizi anak, terutama bagi anak yang gemar pilih-pilih makanan.

Para ahli mengatakan bahwa komposisi ASI dapat berubah untuk beradaptasi dengan kebutuhan gizi anak. Sehingga ASI dapat mengisi kekurangan gizi yang tidak didapatkan oleh anak. Namun, Mama juga harus tetap mengurangi makanan ringan serta makanan gorengan, manis dan berlemak agar gizi yang didapatkan seimbang. Selain itu, ASI dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh si kecil. Sehingga ia dapat terlindungi dari bahaya pilek, infeksi telinga, alergi dan penyakit umum yang biasa menyerang anak.

Klik halaman selanjutnya di sini
 

 


Sumber : ["what to expect"]

Reporter : Gisela Niken
Editor : Gisela Niken

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×