Ini Pola Asuh yang Membuat Anak Selalu Ceria

Reporter : Gisela Niken
Editor : Gisela Niken

Ini Pola Asuh yang Membuat Anak Selalu Ceria

Nakita.id – Mama memang sulit menebak emosi anak usia batita. Terkadang, Mama tidak tahu bagaimana caranya membuat anak ceria dan tidak rewel. Edward Hallowell, seorang penulis buku The Childhood Roots of Adult Happines mengatakan bahwa anak yang ceria bukan disebabkan oleh banyaknya barang yang diberikan padanya. Anak ceria datang dari pemahaman dan komunikasi dari orangtua. Berikut beberapa hal yang bisa Mama lakukan unutk membuat anak selalu ceria.

Baca juga: 7 langkah anak ceria

Pertama-tama, Mama harus membaca emosi yang dikeluarkan oleh anak. Menurut Hallowell, tanda-tanda anak senang dan ceria sangat mudah terbaca yakni mereka mengeluarkan ekspresi saat bertemu orang, senang bertanya dan mudah untuk bergaul dengan teman sebaya. Lalu, bagaimana jika si kecil adalah anak yang pemalu? “Rasa malu dan marah biasanya merupakan ekspresi kesedihan. Anak yang marah bukan berarti mereka kasar tetapi mereka merasa sedih,” ujar Hallowell.

Mama harus meluangkan banyak waktu terutama pada anak yang rewel dan pemalu. Bermain bersama jadi kegiatan sederhana yang bisa Mama lakukan. Bermain tidak hanya memberikan kebahagiaan pada si kecil, bermain juga dapat memberikan keterampilan motorik dan fisik untuknya. Mama juga bisa melibatkannya pada sebuah kegiatan di rumah yang membuatnya merasa memiliki keterampilan baru. Misalnya membantu Mama memasak. Hal ini akan membuat ada rasa bangga pada dirinya dan ia akan selalu ceria jika melakukan hal tersebut.

Klik halaman selanjutnya di sini


Sumber : ["baby center"]

Reporter : Gisela Niken
Editor : Gisela Niken

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×