Jangan Abaikan! Ini Tanda Stres dan Kecemasan yang Sering Dialami Batita

  • Jumat, 13 Oktober 2017 16:30 WIB

Jangan Abaikan! Ini Tanda Stres dan Kecemasan yang Sering Dialami Batita

Nakita.id - Anak-anak dari semua umur mengalami stres dan kecemasan, namun mereka akan meresponsnya secara berbeda-beda tergantung pada usia, kepribadian, dan bahkan mekanisme penanganan pribadi mereka.

Bisa jadi sangat sulit bagi para orangtua, terutama bagi orangtua batita, untuk mengenali tanda-tanda stres atau kecemasan pada anak mereka.

Ada kemungkinan bahwa stres bukan hanya disebabkan oleh langkah besar, tapi pengalaman baru lainnya yang muncul sebagai hasil perpindahan.

Bahkan perubahan kecil dan tampaknya tidak penting bisa membuat anak sulit merasa nyaman. Diperlukan lebih dari beberapa bulan agar hal yang membuat si kecil tak nyaman menjadi nyaman dan terbiasa.

Anak-anak umumnya tidak memiliki kemampuan untuk menjelaskan perasaan mereka, yang sebaliknya ditunjukkan dengan perubahan perilaku. Untuk membantu si kecil dalam mengatasi emosi yang membingungkan, cobalah tip berikut ini:

(Baca juga : Ibu di Rumah Melulu, Bayi Bisa Stres. Percayalah)

1. Bagi batita yang (secara harfiah) tidak bisa menjelaskan perasaannya: Sering menempel atau keterikatan adalah insting anak yang merasa cemas.

Ini mungkin sangat umum terjadi tidak hanya pada saat terjadi perubahan besar dalam keluarga, tapi juga bisa terjadi saat Ibu mencoba membantu ia melalui transisi tonggak seperti melepaskan botol susu.

Solusi: Anak kemungkinan besar ingin bertahan pada sesuatu, apa saja, ketika segala sesuatu di sekitarnya tampak telah berubah. 

Sementara anak lebih suka berpegangan erat atau menempel pada Ibu, cobalah menawarkan barang-barang lain untuk bisa dibawa kemana-mana. Jika memungkinkan, cobalah untuk mempermudah anak melalui setiap perubahan atau transisi baru.

Sumber : very well

Reporter : Avrizella Quenda
Editor : Santi Hartono

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×