Membiasakan Batita Minum dengan Gelas

Membiasakan Batita Minum dengan Gelas

Editor    : Heni

Tanggal : Minggu, 19 Maret 2017

Berbagi :

Nakita.id - Melepaskan si batita dari botol susu kesayangannya memang tidak mudah. Meski demikian, sebenarnya sebelum menginjak usia satu tahun seorang anak sudah memiliki kemampuan motorik untuk minum menggunakan gelas. Perasaan nyaman dengan botol susu kesayangannya merupakan penghambat terbesar proses membiasakan batita minum dengan gelas.

Tapi, jangan khawatir. Yuk, bantu batita melewati proses transisi ini dengan tip-tip berikut:

* Saat hendak mengajarkan batita minum dengan gelas, berikan beberapa pilihan gelas berbeda yang lucu dan unik. Bentuk dan warna gelas yang menarik bisa memotivasinya untuk mencoba. Selain itu, menentukan sendiri mana gelas favoritnya akan membuat batita merasa memegang kendali. Lakukan ini sesering mungkin dalam sehari.

* Jangan kesal dulu jika setelah dicoba beberapa kali batita masih belum mahir menggunakan gelas. Mungkin awalnya saat mencoba minum dengan gelas, air akan membasahi seluruh wajah dan leher mereka. Tapi, seiring berjalannya waktu dia pasti akan menguasai kemampuan baru tersebut. Supaya Ibu tidak terlalu repot, gunakan air putih sebagai pilihan cairan isi gelas di awal proses transisi ini.

* Walaupun belum sempurna, tetaplah konsisten memberikan gelas pada batita. Jangan hanya karena tidak mau repot membereskan kekacauan yang terjadi (baju atau lantai yang basah), lalu Ibu sesekali kembali memberikan botol kepadanya. Bersikap tidak konsisten malah akan memperlambat proses transisi.

* Jangan lupa untuk memuji atau memberikan apresiasi saat mengajarkan batita minum dengan gelas, meski hanya sedikit. Ini akan meningkatkan rasa percaya diri mereka, sekaligus memotivasi mereka untuk terus mencoba sampai bisa. (AA)

Sumber :

PENULIS

Heni Wiradimaja

Percaya bahwa menjadi orangtua tidak harus selalu menyenangkan anak. Ada saatnya kita harus menjadi Mama T-Rex  yang tegas, dan ada saatnya kita harus selembut dan seramah Barney.