Begini Cara Mengajari Anak Makan dengan Sendok Garpu

  • Kamis, 20 April 2017 21:49 WIB

Cara Supaya Anak Mudah Menggunakan Sendok Garpu Saat Makan

Nakita.id - Memberikan garpu atau sendok kepada anak batita ibarat memberikan kuas cat kepada seniman lukis yang jenius. Luar biasa menyenangkannya melihat ia menggunakan alat makan tersebut, tapi luar biasa pula berantakannya.

Lalu, setelah anak dibiasakan menggunakan sendok, perlahan ia bisa makan dengan cara yang benar. Nah di sini ada cara-cara efektif mengajari anak menggunakan sendok garpu dengan baik.

Mulai Lebih Awal

Ada banyak metode untuk mengajari anak menggunakan perangkat makan. Barangkali anak sudah akrab dengan permainan pesawat terbang menggunakan sendok. Ibu mengeluarkan suara membuat seolah-olah sendok adalah pesawat yang membawa muatan terbang ke mulut anak. Jadi sendok bukan hal baru buat mereka. 

Triknya adalah memindahkan sendok dari tangan Ibu ke tangan mereka. Ini bisa dimulai ketika mereka mengenal kudapan, karena dasar untuk penggunaan alat-alat makan adalah konsep memindahkan makanan dari piring ke mulut. Berapa usia ideal? Bisa semuda anak berusia 6 bulan. 

(Baca juga : Yang harus Mama Lakukan Ketika Anak Susah Makan)

Pilih Peralatan Makan yang Mendukung 

Ada dua hal yang Ibu ingin: sepasang sendok yang bagus dan wadah makanan anti-slip untuk menjaga makanan tetap di atas meja, bukan di bawahnya. Sendok-sendok yang digunakan harus cukup kecil agar muat di mulut anak. Mereka seharusnya cukup mudah untuk menggenggamnya dan cukup ringan untuk diangkat tanpa banyak usaha. 

Carilah piring-piring yang memiliki dasar silikon lengket untuk memastikan tak ada yang berpindah selain makanan. 

Hal terbaik tentang mengajari anak belajar makan dengan sendok garpu adalah bahwa ia memiliki waktu 3 kali sehari untuk berlatih. Berikut adalah cara yang dapat Ibu lakukan di rumah:

Sumber : ["fatherly"]

Reporter : Avrizella Quenda
Editor : Ida Rosdalina

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×