Si Kecil Perlu Dukungan Sinergi Kepintaran Agar Pintarnya Beda

  • Jumat, 21 April 2017 19:00 WIB

Word smart adalah ketika si Kecil suka membaca, menulis, berbicara, mendengarkan cerita. | PROCAL

Nakita.id - Kalau anak tetangga terlihat lebih pintar dari si Kecil, Mam dan Pap mungkin merasa khawatir dan takut tertinggal. Namun, menjadi ibu itu bukan suatu perlombaan, begitu nasihat bijak yang pernah Mam dan Pap dengar. Sebab, setiap anak memiliki kepintaran Akal, Fisik dan Sosial masing-masing yang dapat  dioptimalkan dengan melakukan stimulasi yang konsisten. Bahkan, ada 8 jenis kepintaran yang bisa dikenali dan distimulasi untuk membantu si Kecil membangun sinergi kepintaran Akal, Fisik dan Sosialnya.

Untuk itu, Mam dan Pap perlu mengenali sinergi kepintaran Akal, Fisik dan Sosial si Kecil, yang dapat dikembangkan secara optimal dalam periode emas si Kecil, yaitu:

Kepintaran Akal, yang berkaitan dengan kemampuan kognitif si kecil yang meliputi Word Smart, Number Smart, Picture Smart, dan Nature Smart. Tanda-tanda Number Smart adalah jika si Kecil tertarik pada angka, matematika, sains, hal-hal yang berhubungan dengan logika, menanyakan kenapa, contohnya seperti "mengapa langit berwarna biru?".

Kemudian Word smart, yaitu si Kecil suka membaca, menulis, berbicara, mendengarkan cerita. Si Kecil tergolong Picture Smart jika ia suka menggambar, seni, berimajinasi, dan bermain membangun sesuatu menggunakan balok. Ada pun Music Smart tandanya si Kecil suka bernyanyi, menggoyangkan badan mengikuti irama, memainkan instrumen musik, mendengarkan musik, dan mengingat lagu.

Jenis kepintaran berikutnya, Kepintaran Fisik, merupakan kepintaran yang berkaitan dengan kemampuan fisik si Kecil, meliputi Body Smart dan Nature Smart. Body Smart adalah ketika si Kecil suka mengerjakan sesuatu dengan tangan, suka olahraga, menari, menyentuh benda-benda dan memelajarinya. Sedangkan Nature Smart ditandai dengan kesukaan si Kecil berada di alam, menyukai binatang, dapat menggolongkan jenis tanaman, mengoleksi dedaunan, dan peduli terhadap lingkungan alam.

Yang terakhir, Kepintaran Sosial, berkaitan dengan kemampuan sosial si Kecil yang meliputi Self Smart dan People Smart. Self Smart adalah ketika si Kecil cenderung memilih bermain sendiri, memiliki hobi, tahu dia mau jadi apa saat besar nanti, punya rasa percaya diri yang kuat, dan bisa mengkomunikasikan perasaannya. Sebaliknya, People Smart adalah saat si Kecil suka bermain dengan teman-temannya, memiliki empati terhadap orang lain, suka memimpin, dan bisa memahami perasaan orang lain.

Mengapa Mam dan Pap perlu mensinergikan 3 kepintaran si Kecil ini pada periode emasnya? Tak lain karena periode emas adalah periode kritis di mana otak si Kecil tumbuh dengan pesat yang hanya terjadi satu kali dalam kehidupannya.

Oleh karena itu, Mam dan Pap perlu mengenali kepintaran Akal, Fisik dan Sosial si Kecil. Caranya dengan mengikuti beragam informasi yang bisa didapatkan di www.parentingclub.co.id. Dalam website ini terdapat beragam tools yang menarik untuk dicoba. Dua di antaranya adalah Smart Strength Finder untuk mencari tahu kepintaran si Kecil, dan Smart Stimulation, berupa modul yang dapat diunduh, berisi tips aktivitas stimulasi kepintaran si Kecil dengan tepat dan konsisten sesuai dengan tahapan usianya agar pintarnya beda.

Smart Strength Finder adalah tool yang dirancang oleh psikolog, pendidik, dan pakar Multiple Intelligence dari American Institute, Thomas Armstrong, PhD, untuk membantu Mam dan Pap mengenali kepintaran si Kecil. Mam dan Pap bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan seputar perilaku si Kecil di sini, dan melakukan tesnya secara berkala.

Mam dan Pap juga bisa mendapatkan panduan saat memberikan stimulasi dan nutrisi yang tepat pada periode emas si Kecil melalui Smart Stimulation. Tip-tip yang diberikan menggunakan modul yang dikembangkan oleh Parenting Expert  dr. Andyda Meliala. Modul ini berisikan ide stimulasi dan aktivitas yang menarik serta menyenangkan untuk dilakukan oleh Mam dan Pap bersama si Kecil. Cukup download modul Smart Stimulation berdasarkan tahapan usia si Kecil dan jenis kepintarannya untuk mendapatkan tip-tip yang sangat bermanfaat. Mam dan Pap juga bisa mendapatkan voucher belanja produk kebutuhan ibu dan bayi di Blibli senilai Rp 50.000 jika bergabung di www.parentingclub.co.id.

Yuk, dukung sinergi kepintaran Akal, Fisik, dan Sosial si Kecil dengan nutrisi yang tepat agar #PintarnyaBeda.

Sumber : []

Reporter : Tabloid Nakita
Editor : Dini Felicitas

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×