Agar Terasa Manfaatnya, Menjemur Bayi Ada Waktunya!

  • Rabu, 13 September 2017 17:00 WIB

Selain memilih waktu yang dinilai tepat, kita juga perlu memerhatikan berapa lama aktivitas menjemur bayi itu dilakukan | Thinkstock

Nakita.id.- Sering  kan kita disarankan untuk menjemur bayi yang baru lahir di bawah sinar matahari pagi?  Ya, sinar matahari pagi  penting untuk pembentukkan vitamin D di kulit. Bayi perlu terpapar sinar ultraviolet B (UVB) tingkat rendah agar dapat memproduksi vitamin D.

Menurut keterangan dr. Meta Herdiana Hanindita, SpA dari RSUD Dr. Soetomo, Surabaya, jika vitamin D diproduksi dalam jumlah cukup, tentu akan berguna untuk kesehatan. Apa sajakah manfaatnya? Vitamin D memiliki faedah untuk menjaga kesehatan dan kekuatan tulang, gigi, kuku serta kulit. Selain itu vitamin D dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Lalu usia berapa bayi disarankan untuk dijemur? Merunut AAP (American Academy of Pediatrics) yang direkomendasikan terkena paparan sinar matahari secara langsung adalah bayi berusia 0—6 bulan, sekali lagi ini terkait dengan vitamin D yang sangat dibutuhkan bayi.

Baca juga: Jangan Biarkan Bayi Terpapar Sinar Matahari Tanpa Perlindungan

WAKTU HARUS TEPAT

Untuk waktu terbaik menjemur bayi sebenarnya tidak ada waktu yang pasti karena bergantung pada letak geografis dan musim. Bisa saja kan di wilayah sebelah barat Indonesia, pukul 9 pagi masih gelap pada musim hujan. Sementara, di wilayah yang lain ternyata pukul 6 pagi saja sudah terang benderang.

Akan tetapi tak perlu bingung. Sebagai patokan, biasanya radiasi sinar matahari yang masih rendah sekitar pukul 7—9  pagi. Di atas pukul 10 pagi jumlah radiasi sinar UVB yang paling tinggi.

Kenapa perlu memerhatikan rentang jam-jam tersebut? Sebab untuk membantu produksi vitamin D, bayi membutuhkan paparan radiasi UVB rendah. Nah, jika dijemur saat radiasi UVB tinggi, tentu tak ada gunanya dan justru dapat meningkatkan risiko kanker kulit di kemudian hari.

Selain memilih waktu yang dinilai tepat, kita juga perlu memerhatikan berapa lama aktivitas menjemur bayi itu dilakukan. Mengenai hal ini, juga bergantung pada waktu, musim, serta letak geografis. Tapi secara garis besar  antara 10—15 menit saja.

Terkait hal ini, memang belum ada penelitian yang menentukan seberapa tingkat paparan sinar matahari yang dibutuhkan bayi/anak untuk menyintesis vitamin D yang memadai dan seberapa lama yang dibutuhkan.

Sumber : Tabloid Nakita

Reporter : Hilman Hilmansyah
Editor : Santi Hartono

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×