Bikin Banyak Orang Terharu, Anak Asri Welas Tetap Tersenyum Lepas Meski Badan Penuh Selang

  • Kamis, 14 September 2017 09:15 WIB

Menangani bayi sakit yang tepat agar membuat si kecil tetap nyaman | Grid

Nakita.id – Setelah melewati proses operasi katarak pada amatanya, anak kedua Asri Welas masih harus menjalani serangkaian tindakan medis. Rayyan Gibran Ridharaharja yang baru berusia 5 bulan kini harus menjalani transfusi darah.

Dalam akun instagramnya, Asri Welas mengungkapkan bahwa anaknya mengalami diare dan infeksi sehingga HB-nya rendah. Dalam sebuah video yang diunggah Asri tampak Ibran menjalani transfusi dengan selang yang menempel pada tangan dan juga hidungnya untuk asupan nutrisinya.

Baca juga: Bakteri Baik di Perut Sedikit, Bayi Mudah Sakit 

Meski mengalami begitu banyak serangkaian perawatan, anak kedua dari Asri Welas ini tetap semangat bahkan melempar senyum pada orang di sekitarnya. “Anakku sayang mas Ibran semangatnya, tidak ada sedih di rautnya, kuat ya sayang, mas ibran sehat, selalu Senyum dan ketawa Kalo nyanyi lagu kesukaannya,” tulis Asri.

Bayi yang sedang sakit pastinya sangat rentan rewel atau menangis. Namun, Ibu bisa membuatnya jadi lebih nyaman ketika sakit. Menurut Dan Brennan, MD, seorang pediatri dari Santa Barbara mengungkapkan rasa nyaman harus bayi rasakan selama sakit agar ia tidak rewel.

Baca juga: Ibu, Ini Tandanya Jika Bayi Sedang Sakit 

Asupan ASI dan cairan jadi hal yang penting untuk anak yang sakit. Menurutnya, anak akan jauh lebih tenang ketika ia cukup makan. Maka ketika anak menolak untuk makan, ada baiknya Ibu berkonsultasi dengan dokter agar si kecil tetap mendapatkan asupan ASI. Sama seperti Ibran, ia membutuhkan bantuan selang agar asupan nutrisinya tetap  masuk dalam tubuhnya.

Tak kalah penting dari semuanya adalah bagaimana cara Ibu memberikan perhatian pada anak. “Bila bayi sakit, tidak ada cara yang lebih baik untuk membuat anak nyaman dengan cara memeluk dan menggendongnya. Perhatian yang penuh dari Ibu akan membuat anak jadi jauh lebih baik,” ujarnya.

Baca juga: 8 Cara Sentuhan yang Menyembuhkan Anak dari Sakit 

Jadi, Ibu perlu memberikan perhatian penuh agar anak dapat melewati rasa sakit dan rasa tidak nyamannya selama sakit. Hal ini akan membuat si kecil sama seperti Ibran, yang tetap tersenyum meski menghadapi berbagai tindakan medis.

Sumber : WebMD , grid.id

Reporter : Gisela Niken
Editor : Santi Hartono

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×