Empat Cara Agar Bayi Tidur Cepat Dan Lelap Di Malam Hari

  • Jumat, 11 Agustus 2017 21:00 WIB

Seperti halnya orang dewasa, bayi pun akan lebih sehat jika bisa tidur malam dengan sempurna. | Thinkstock

Nakita.id.- Umumnya bayi baru lahir sering terbangun pada malam hari. Padahal seharusnya tidak demikian. Sejatinya bayi bisa tidur nyenyak sepanjang malam. 

Bayi sering bangun di tengah malam karena dia belum mampu membedakan siang dan malam.

Kuat juga dugaan, bayi sering bangun malam hari karena siangnya terlalu banyak tidur. Setiap selesai disusui, tidur. Ketika tiba waktunya menyusu, tidak dibangunkan dengan alasan tidak tega atau biar ibunya bisa istirahat. 

Baca juga: 11 Cara Cepat Menidurkan Bayi Tanpa Rewel

Padahal, seperti halnya orang dewasa, bayi pun akan lebih sehat jika bisa tidur malam dengan sempurna. Karena itu, orangtua sebaiknya mengupayakan agar bayi terbiasa tidur malam hari.

Di siang hari, bayi harus aktif. Ajak berkomunikasi dan berjalan-jalan. Untuk bayi yang sudah agak besar, bisa mulai diajak bermain. Jadi jangan diajak tidur melulu.

Sedangkan bagi bayi yang sedang ASI eksklusif, maka harus komitmen disusui setiap dua jam sekali saat siang hari.

Hal yang sama tidak berlaku malam hari. Bayi yang sedang tidur malam hari, jika bukan karena terbangun sendiri, tidak perlu dibangunkan untuk disusui.

Dengan banyak menggunakan waktu siang hari untuk beraktivitas, bayi sudah cukup berkurang energinya untuk aktif di malam hari.

Baca juga: Bayi Sering Susah Tidur Di Malam Hari Waspadai Masalah Serius Ini

Selain itu, bayi jadi belajar untuk bisa membedakan waktu bahwa malam hari untuk istirahat dan siang hari untuk beraktivitas.

Sumber : WebMD

Reporter : Gazali Solahuddin
Editor : Santi Hartono

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×