Jawaban dari Pertanyaan Seputar Bayi yang Sering Diajukan Ibu Baru

  • Senin, 19 Juni 2017 13:30 WIB

Hal penting yang perlu Ibu perhatikan seputar mengasuh bayi | iStock

Nakita.id – Selamat datang di dunia perawatan dan pengasuhan bayi! Sebagai seorang Ibu baru, perkaya diri kita dengan informasi tepat seputar bayi. Tak jarang kita menemukan berbagai kondisi yang membingungkan dan ingin mengajukan pertanyaan. Inilah hal-hal yang paling sering ditanyakan para ibu baru mengenai bayi beserta jawabannya. Semoga dapat membantu. 

Baca juga: Rahasia Sukses Mengasuh dan Merawat Bayi Perempuan

1. Sudah menyusu tetapi kenapa bayi masih rewel?

Ingat bahwa tak selamanya bayi menangis karena lapar. Ada banyak faktor yang membuatnya jadi rewel, misal karena perutnya kembung atau mengalami kolik (rasa tak enak di perut yang penyebabnya tidak diketahui).

British Medical Journal mencantumkan ciri bayi yang mengalami kolik, yakni menangis paling sedikit 3 jam sehari selama lebih dari satu minggu saat bayi berusia di bawah 3 bulan. Academy of Breastfeeding Medicine juga mencatat, menangis sehabis menyusu bisa disebabkan oleh alergi bayi terhadap salah satu kandungan ASI yang berasal dari makanan atau minuman Ibu.

Baca juga: 4 Bahaya Jika Mama Main Gadget Saat Mengasuh Bayi

2. Apakah perlu bayi disusui setiap dua jam sekali?

Jika ibu beranggapan ASI harus diberikan setiap dua jam sekali, hal ini tidak sepenuhnya benar.  Dalam tabloid Nakita Edisi 877,  dr. Wiyarni Pambudi SpA., IBCLC mengungkapkan, sebetulnya yang berhak menentukan kapan bayi perlu disusui adalah bayi itu sendiri.

“Bayi akan menunjukkan tanda lapar kalau perutnya kosong. Interval menyusui juga bervariasi berdasarkan usianya. Kebiasaan menjadwalkan waktu menyusui malah membuat bayi tidak mendapatkan ASI sesuai kebutuhannya,” ujar Wiyarni.

Baca juga: Yang Perlu Mama Lakukan Agar Ayah Berperan dalam Mengasuh Bayi

Reporter : Gisela Niken
Editor : Heni Wiradimaja

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×