Payudara Bengkak Saat Menyusui, Ini Solusinya

  • Selasa, 29 September 2015 13:00 WIB

Payudara Bengkak Saat Menyusui, Ini Solusinya

Tabloid-Nakita.com - Menyusui adalah hal wajib yang harus dilakukan Ibu kepada bayi untuk mendukung tumbuh kembangnya. ASI yang mengandung segudang nutrisi juga merupakan makana terbaik yang dibutuhkan oleh bayi. Namun, sayangnya seringkali ada permasalahan yang membuat Ibu tidak dapat menyusui bayi, salah satunya adalah payudara bengkak.

Namun, sebelum itu pastikan dahulu apa benar payudara Ibu bengkak. Karena seringkali banyak Ibu yang tak dapat membedakan payudara bengkak dengan payudara penuh. Tanda jika payudara Ibu penuh adalah payudara bengkak, panas, keras, ada gumpalan di payudara dan ASI tetap dapat mengalir. Sedangkan payudara bengkak, umumnya ditandai dengan payudara yang sakit, keras, tegang, puting mengkilat, ASI tak mengalami, mengalami demam selama 24 jam, edema (membesar seperti berisi cairan) dan timbulnya kemerahan disekitar payudara.

Jika Ibu nyatanya benar mengalami bengkak pada payudara, maka sebaiknya Ibu tetap berusaha untuk membuat ASI tetap mengalir agar bengkak cepat reda. Karena jika ASI tetap tidak keluar, maka akan membuat produksi ASI berkurang dan terbentuknya abses. Payudara bengkak saat menyusui terjadi karena adanya sumbatan dan bukan karena payudara penuh dengan ASI.

Lalu, apa yang harus Ibu lakukan untuk meredakan bengkak pada payudara agar aktivitas menyusui bayi pun dapat berjalan dengan optimal. Berikut caranya.

1. Untuk memudahkan bayi mengisap puting susu, Ibu dapat mengompres payudara Ibu dengan menggunakan air hangat sebelum menyusui.

2. Kemudian keluarkan sedikit ASI sebelum menyusui agar payudara menjadi lebih lunak dan membuat puting lebih mudah diisap bayi.

3. Setiap kali menyusui si kecil, sebaiknya bayi menyusu pada kedua kedua payudara dan jangan hanya menyusu pada satu payudara saja. Hal tersebut untuk membuat payudara cepat kosong. Selain itu, pastikan pula jika bayi menyusu minimal 10-15 menit pada masing-masing payudara.

4. Pijat payudara untuk merangsang ASI mengalir saat si kecil sedang menyusu.

5. Setelah si kecil usai menyusui, kompreslah payudara Ibu dengan menggunakan air dingin selama beberapa menit untuk menghilangkan rasa sakit akibat payudara Ibu yang bengkak.

Reporter : Puri
Editor : Puri

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×