Rutinitas Sederhana yang Perlu Dilakukan Ayah untuk Menjalin Ikatan dengan Bayi Baru Lahir

  • Selasa, 10 Januari 2017 10:45 WIB

Tak perlu sulit, ada berbagai kegiatan sederhana untuk menjalin ikatan bayi baru lahir

Nakita.id – Tidak hanya ibu saja, seorang ayah juga perlu memiliki cara tertentu untuk menjalin ikatan dengan bayi baru lahir. Ikatan ayah dan anak akan berdampak baik dan memiliki berbagai manfaat seperti membuat anak jadi lebih cerdas dan memiliki kemampuan sosialisasi yang baik. Untuk itu, ada beberapa rutinitas dan kegiatan sederhana yang sebaiknya seorang ayah lakukan.

Baca juga: Pentingnya menjalin ikatan dengan bayi baru lahir

Persiapan ternyata hal yang penting bagi seorang ayah. Kita perlu mengajak suami untuk ikut kelas-kelas persiapan merawat bayi. Keterlibatan ayah sangat penting dalam hal ini untuk mendukung ibu dan ikut membuat seorang ayah juga terlatih merawat bayi. Hal ini akan membantu ayah untuk menjalin ikatan dengan bayi khususnya bayi baru lahir.

Ketika memahami cara merawat bayi, ayah akan dengan mudah memegang bayi dengan sering. Menyentuh, menggendong dan memegang bayi jadi rutinitas mudah yang perlu dilakukan oleh seorang ayah. Berbagai studi telah menunjukkan bahwa ayah yang sering memegang bayi akan lebih cepat menjalin ikatan. Sentuhan sederhana yang dilakukan rutin dan sering sekalipun dapat membantu bayi mengenali sang ayah.

Baca juga: Langkah mudah menjalin ikatan dengan bayi sejak dalam kandungan

 Selain itu, ayah juga perlu ikut dalam setiap janji dokter anak. Ayah akan berpartisipasi dan mendapatkan informasi langsung seputar tumbuh kembang bayi. Tidak hanya itu, sebuah studi yang dipublikasikan Psychiatry mengungkapkan ayah yang punya quality time sendiri menunjukkan perilaku eksploratif pada bayi dan hal itu akan membantu menjalin ikatan yang lebih kuat.

Mama juga sebaiknya tidak perlu menyamakan cara Mama mengasuh si kecil dengan suami. Ayah cenderung bermain ke fisik sementara ibu lebih sering mengungkapkan dengan kata-kata. Ayah juga lebih cenderung berbicara dengan cepat serta membantu anak untuk mengelola gerakan fisik mereka. Cara-cara tersebut juga bisa dilakukan sebagai hal-hal yang dapat menjalin ikatan dengan bayi baru lahir.

Sumber : ["Fit Pregnancy"]

Reporter : Gisela Niken
Editor : Gisela Niken

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×