Setelah Bayi Pulang Ke Rumah, Ini Hal-Hal Yang Perlu Ibu Lakukan

  • Jumat, 11 Agustus 2017 18:45 WIB

Setelah tiba di rumah, Ibu amat disarankan memberikan ASI. Lakukan pemberian minum sedikit demi sedikit dengan frekuensi sering. | Thinkstock

Nakita.id.- Senangnya membawa pulang si kecil yang baru saja menjadi anggota baru keluarga. Kerepotan yang bakal Ibu hadapi, tentu terkalahkan dengan rasa bahagia menyambutnya.

Baca juga: Kunci Merawat Bayi Baru Lahir Di Rumah

Meski demikian, berbarengan dengan rasa bahagia itu, setelah bayi dizinkan keluar dari rumah sakit, ada beberapa hal yang mesti diperhatikan Ibu pada minggu-minggu pertama si kecil di rumah seperti yang disarankan oleh dr. Pulung Silalahi SpA., dari RSIA Budhi Jaya, Jakarta. Berikut saran-sarannya;

Baca juga: 5 Perawatan Bayi Baru Lahir

- Ibu amat disarankan memberikan ASI. Lakukan pemberian minum sedikit demi sedikit dengan frekuensi sering. Ini karena volume lambung bayi masih kecil. ASI adalah makanan terbaik bayi, karena mengandung berbagai vitamin, mineral, dan zat gizi penting lainnya.

- Kontrol ke dokter dua minggu sekali atau sesuai permintaan dokter.

- Jangan lupa membawa bayi untuk imunisasi sesuai jadwal.

- Perhatikan suhu kamar.  Usahakan kamar tidurnya tetap hangat agar bayi tetap nyaman. Jangan lupa, pengaturan suhu tubuh bayi belum berfungsi optimal. Segera kenali jika ditemukan tanda-tanda si kecil kepanasan maupun kedinginan, dengan meraba lengan, tengkuk, kaki, dan bagian tubuh lain.

- Jaukan dari suara bising dan cahaya silau. Lihatlah perkembangan indra penglihatan dan pendengarannya. Hindari suara bising seperti menyetel musik terlalu keras, juga hindari cahaya silau yang bisa merusak kedua indra tersebut. Cahaya redup sangat penting untuk bayi saat dirawat di rumah.

- Hindari infeksi. Jaga agar semua peralatan dan perlengkapan bayi tetap steril. Bagi bayi yang tidak bisa mendapat ASI karena berbagai penyebab dan menggunakan botol, usahakan selalu mensterilkan botolnya. Hindari juga kontak dengan orang dewasa yang sakit. 

Baca juga: 4 Perawatan Penting Bayi Baru Lahir

- Jangan overprotektif.  Hindari memperlakukan si kecil sebagai anak istimewa. Karena bisa menyebabkan kemandiriannya terganggu. Berikan stimulasi seperti anak-anak lainnya, hingga anak tumbuh menjadi pribadi cerdas dan tangguh.  (*) 

Sumber : Tabloid Nakita

Reporter : Sri Haryati
Editor : Santi Hartono

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×