Ini Faktor Penyebab Penuaan Dini Sejak Usia 20-an

  • Jumat, 17 Februari 2017 08:00 WIB

Mencegah penuaan dini bisa dilakukan dengan cara alami

Nakita.id – Penuaan dini tidak hanya terjadi saat kita menginjak usia 30-an. Banyak yang menganggap bahwa penuaan dini terjadi kalau nanti kiita telah mengnjak usia 30 bahkan setelah usia 40 tahun. Padahal, ada tanda-tanda penuaan dini yang perlu Ibu waspadai sejak usia 25 tahun. “Kulit kusam menjadi tanda paling awal ketika wanita mengalami penuaan dini,” ujar dr. Eddy Karta, SpKK di sela-sela acara Launching Pond’s Age Miracle dengan formula terbaru pada Selasa (14/2) di Jakarta.

Baca juga: Daftar makanan alami untuk mencegah penuaan dini 

Kulit kusam sendiri banyak dipengaruhi oleh berbagai faktor misalnya paparan matahari. Kegiatan Ibu sehari-hari di luar rumah membuat kulit wajah mengalami paparan sinar matahari. Tidak hanya pada Ibu yang terkena sinar matahari, yang bekerja di kantor juga mungkin mengalami masalah ini. Berhadapan dengan layar komputer selama 10 jam atau lebih ternyata dapat melemahkan struktur kolagen pada kulit.

Polusi menjadi faktor yang menyebabkan masalah pada kolagen dan elastisitas kulit. Kegiatan seperti memasak juga dapat menyebabkan penuaan dini akibat asap yang ditimbulkan dari masakan, yaitu menambah kerutan sebanyak 5-8%. Ibu yang punya bayi juga cenderung akan kurang tidur. Hasilnya, kemampuan regenerasi kulit berkurang hingga 10%. “Saat kurang tidur, sel tidak bermutasi dengan sempurna sehingga akan mengurangi metabolisme tubuh dan pastinya akan berpengaruh pada kulit,” ujar dr. Eddy.

Baca juga: Lakukan 3 kebiasaan ini agar awet muda

Lantas apa ya yang bisa Ibu lakukan untuk mengatasi kondisi ini? Selain memilih produk perawatan muka yang sesuai, dr. Eddy juga merekomendasikan bahan-bahan alami seperti buah dan sayur. Buah dan sayur yang kaya vitamin C sangat baik untuk mengatasi masalah padalah kolagen. Vitamin C mengandung antioksidan yang tinggi dan dapat mengurangi masalah pada kerusakan dari sinar matahari, polusi, dan asap. Ibu bisa mengonsumsi lebih banyak buah dan sayur sehat seperti tomat untuk mencegah masalah kulit ini.

Baca juga: Agar awet muda, gunakan krim anti-aging sejak usia 20-an

Menjaga pola makan menjadi cara untuk mencegah penuaan dini. “Hindari makanan manis karena gula begitu dipecah dalam darah akan berubah menjadi 'racun' dan tentu buruk bagi kulit,” tambah dr. Eddy. Ibu juga perlu mengonsumsi lemak baik dan membatasi kafein agar tidak berlebihan. Tidur dan istirahat cukup juga sangat penting bagi kesehatan kulit. Bila tak cukup tidur di malam hari, buatlah tubuh beristirahat di siang hari. Beri stimulus pada tubuh seakan-akan situasinya seperti malam hari, misalnya beristirahat dengan suasana kamar gelap. 

Sumber : []

Reporter : Gisela Niken
Editor : Heni Wiradimaja

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×