Ketika Mama Dian Sastro Lebih Deg-degan Dibanding Si Kecil di Hari Pertama Sekolah

  • Senin, 17 Juli 2017 19:45 WIB

Ketika Ibu lebih deg-degan saat hari pertama sekolah | https://www.instagram.com/therealdisastr

Nakita.id – Salah satu masa penting yang dialami oleh banyak orangtua adalah ketika si kecil mulai masuk sekolah. Banyak yang melakukan persiapan sejak jauh-jauh hari agar si kecil tidak rewel atau menangis saat pertama masuk sekolah.

Nyatanya, ada beberapa Ibu yang justru merasakan kebalikannya. Justru malah Ibu yang jauh lebih deg-degan dibanding anak. Si kecil malah terlihat baik-baik saja menghadapi hari pertama masuk sekolah.

Baca juga: Berapa Kali Seminggu Sebaiknya Waktu Sekolah Anak Preschool?

Contohnya seperti yang dialami Mama Dian Sastro saat mengantar putra pertamanya, Shailendra Naryama Sastraguna masuk ke sekolah barunya. Di akun instagram pribadi miliknya, artis yang memiliki dua anak ini mengaku panik dan takut dalam menghadapi hari ini.

Namun, ia justru menemukan hal yang berbeda dari anaknya. Tak terlihat raut panik atau khawatir ketika harus berpisah dengan sang Ibu dan menghadapi sekolah yang baru.

“Dan pagi ini, saya perhatikan benar-benar ekspresinya dari jauh. Setelah saya antar ke kelasnya. Kok dia hepi hepi aja ya? Untuk semua fellow moms yg mengalami momen2 seperti yg saya alami, I feel you I heart you #ibutangguh,” ujarnya dalam keterangan foto.

Baca juga: Sukses di Hari Pertama Sekolah

Apakah ada Ibu yang mengalami hal sama dengan Mama Dian Sastro? Deborah Gilboa, MD, dari Pittsburgh’s Squirell Hill Health Center mengungkapkan respons ketakutan orangtua di hari pertama masuk sekolah adalah hal yang normal terjadi.

Deborah merekomendasikan untuk para Ibu mengatasi rasa khawatir dengan memikirkan apa yang akan didapat oleh si kecil. “Ingat bahwa bagaimana anak akan mendapatkan pengalaman baru selama beberapa jam di sekolah. Kemampuan baru yang tidak akan ia dapatkan selama berada di rumah,” ujarnya.

Ibu juga bisa mengurangi rasa khawatir dengan berbincang atau bercerita pengalaman dengan sesama orangtua. Percayalah bahwa hal ini tidak hanya dialami oleh Ibu saja tetapi banyak Ibu. Maka, bercerita jadi cara terbaik untuk meringankan rasa khawatir yang berlebihan.

Baca juga: Tip Menghadapi Anak Pertama Masuk Sekolah 

Penting bagi Ibu untuk menyiapkan dengan matang si kecil yang akan masuk sekolah misalnya membiasakan rutinitas di rumah dengan sekolah. Hal ini akan membantu anak berlatih rutinitas yang akan dihadapi saat di sekolah.

Salah satu kemampuan lain yang tak kalah penting dimiliki anak adalah caranya bersosialisasi. Berikan contoh dan praktekkan berulang kali cara berkenalan dengan orang lain serta bagaimana membangun komunikasi dan interaksi dengan orang yang baru. Kemampuan yang dimiliki anak ini kelak akan membuat Ibu jauh lebih tenang! (*)

Sumber : Parents

Reporter : Gisela Niken
Editor : Santi Hartono

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×