Kondisi Kesehatan Bisa Diketahui dari Kuku

  • Rabu, 17 Mei 2017 18:30 WIB

• Jika daerah sekitar kuku tampak memerah dan bengkak, ini merupakan ciri-ciri terdapatnya peradangan pada lipatan kuku. | Thinkstock

nakita.id.- Mungkin banyak dari kita yang belum tahu bahwa keadaan kuku dapat menunjukkan derajat kesehatan kita karena warna, bentuk, dan tekstur kuku memiliki arti tersendiri yang menandakan sehat atau tidaknya seseorang. Berikut penjelasannya;

- Warna kuku pucat mengindikasikan proses penuaan namun juga juga menjadi tanda dari beberapa penyakit yang lainnya seperti kurang darah (anemia), kurang gizi, penyakit gagal jantung, serta penyakit hati.

- Warna putih pada kuku dengan pinggiran yang berwarna agak gelap menandakan masalah hati seperti gangguan hepatitis.

- Warna kuning pada kuku biasanya sering terjadi akibat dari infeksi jamur. Jika infeksi berhasil diatasi maka kuku akan kembali seperti semula. Ada juga sebagian penguningan pada kuku bukan karena infeksi melainkan tanda dari kondisi tubuh yang lainnya yaitu penyakit gondok (tiroid), penyakit paru-paru,  atau psoriasis (sejenis penyakit kulit yang penderitanya mengalami proses pergantian kulit yang terlalu cepat).

- Permukaan kuku yang berkerut atau tidak rata ini dapat menjadi pertanda awal dari psoriasis  atau radang sendi (arthritis).

- Warna kuku yang kebiru—biruan seperti lebam kemungkinan tubuh tidak mendapatkan oksigen yang cukup. Ini dapat menjadi indikasi bahwa adanya infeksi pada paru-paru.

- Jika daerah sekitar kuku tampak memerah dan bengkak, ini merupakan ciri-ciri terdapatnya peradangan pada lipatan kuku. Selain peradangan kuku juga dapat disebabkan oleh penyakit autoimun, misalnya Lupus.

- Garis kuku yang berwarna lebih tua perlu mendapat perhatian dari karena ini mungkin merupakan gejala dari melanoma(sejenis kanker kulit yang berbahaya).

- Kebiasaan menggigit kuku yang dibawa sejak kanak-kanak dan masih bertahan sampai sekarang dapat disebabkan oleh perasaan cemas yang berlebihan. Hal ini juga dapat menunjukkan indikasi gangguan obsesif-kompulsif (sejenis gangguan mental).

Untuk diketahui, sebuah kuku yang sehat memiliki fungsi melindungi ujung jari dan jaringan lunak sekitarnya dari cedera. Kuku dari jari telunjuk tumbuh lebih cepat daripada jari kelingking, dan kuku di tangan tumbuh hingga empat kali lebih cepat dari kuku jari kaki.

Baca juga:  Rahasia Mendapatkan Kuku Cantik

Kuku tumbuh pada tingkat rata-rata 3 mm setiap bulan. Secara umum, kuku membutuhkan tiga sampai enam bulan untuk tumbuh kembali sepenuhnya, dan kuku kaki membutuhkan 12 sampai 18 bulan. Tingkat pertumbuhan yang sebenarnya tergantung pada usia, jenis kelamin, musim, tingkat olahraga, diet, dan faktor keturunan. (*)

 

Sumber : WebMD

Reporter : Nur Ayu Kartikasari
Editor : Santi Hartono

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×