Suasana Rumah yang Mendorong Anak Jadi Kreatif

  • Rabu, 11 Januari 2017 09:00 WIB

Lantai bisa menjadi area bermain yang menyenangkan asal selalu dijaga kebersihannya. | iSTOCK

Nakita.id – Rumah adalah sekolah pertama dan utama. Begitu banyak arti rumah bagi kita dan keluarga.

Bagi anak, rumah pun harus menjadi sumber inspirasinya. Karenanya, jadikan kebersihan dan kesehatan rumah sebagai resolusi menyambut tahun baru yang mengawali upaya menjadikan rumah sebagai sarana kreativitas anak. Untuk itu, rumah harus menjadi tempat yang aman dan nyaman bagi si kecil sebagai sarana bereksplorasi.

Biarkan anak berimajinasi dan menggunakan berbagai kemampuannya. Jangan takut rumah menjadi kotor, karena selalu ada cara untuk membersihkannya kembali. Dengan begitu anak pun tahu ia bisa bebas bereksplorasi di rumah tanpa takut membuat Ibu marah. Sikap Ibu yang seperti ini --membebaskan anak bereksplorasi dan merapikan rumah kembali-- adalah contoh positif untuk membentuk perilaku dan kebiasaan positif dalam keluarga.

Area bereksplorasi yang perlu dijaga kebersihannya:

1. Lantai kamar anak
Kamar anak adalah ruangan yang perlu selalu dijaga kebersihannya, terutama bagian lantai karena di situlah anak berdiri, berjalan, duduk, bahkan berbaring. Ya, karena ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan di lantai yang bersih. Lantai pun merupakan area bermain yang menyenangkan, apalagi jika dilakukan bersama Ayah dan Ibu. 

Besar sedikit, anak bisa diajak mengerjakan prakarya sederhana sambil duduk di lantai. Untuk mendukungnya, Ibu dapat selalu memastikan bahwa lantai kamar anak selalu higienis. Ibu bisa dengan rutin mengepel lantai menggunakan Wipol yang ampuh membunuh kuman dan menjaga lantai tetap bersih sehingga keluarga makin merasa nyaman dan aman berada dalam kamar.

2. Dapur dan meja makan
Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan anak jika berada di meja makan dan area dapur. Misalnya membantu Ibu menyiapkan bahan-bahan makanan yang akan dimasak. Dengan begitu, anak belajar mengenal berbagai tekstur dan bentuk bahan makanan hingga belajar makan sendiri. Tentu menyenangkan jika melakukan kegiatan bersama si kecil di area dapur. Ibu juga tidak perlu khawatir akan sisa cucian piring/wajan di dapur. Sunlight dengan ekstrak jeruk nipis asli membantu Ibu lebih cepat membersihkan lemak membandel di cucian piring/wajan. Dapur senantiasa bersih bersinar berkat Sunlight.

3. Kamar mandi dan wastafel
Meski jadi tempat untuk membersihkan diri, Ibu sangat perlu memerhatikan kebersihan area kamar mandi. Air akan membuat kamar mandi mudah lembab dan mudah jadi tempat berkembangnya bakteri. Namun Ibu  tak perlu khawatir. Dengan Vixal, kotoran dan kerak membandel sekalipun pada dinding dan lantai kamar mandi serta kloset dapat dibersihkan dengan cepat dan efektif. Kamar mandi akan selalu terlihat bersih dan nyaman untuk digunakan.

4. Tempat mainan anak
Salah satu bagian yang kerap kotor adalah area bermain anak. Tangan anak yang gemar memegang banyak benda akan dengan mudah membuat bakteri berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya. Jadi, mainan serta area bermain anak sangat mudah terpapar kotoran. Pastikan mainan serta tempatnya rajin dibersihkan dengan pembersih yang tentunya aman untuk anak. Untuk menjaga rumah tetap bersih dan sehat, Unilever membantu menyediakan paket produk pembersih dengan harga hemat dan juga spesial yang dapat diperoleh di blibli.com.

Sumber : []

Reporter : Tabloid Nakita
Editor : Dini Felicitas

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×