Senam Nifas Hari Ke-1 Setelah Bersalin

  • Sabtu, 11 Februari 2017 07:15 WIB

Senam nifas mempercepat pemulihan ibu bersalin. | Zali JV

Senam nifas dapat dilakukan oleh semua Ibu yang telah melahirkan secara spontan tanpa ada komplikasi. Jika ada tindakan atau komplikasi, senam nifas masih tetap dapat dijalankan, namun perlu disesuaikan dengan kondisi dan komplikasi yang terjadi. Oleh karena itu, senam nifas usai bersalin hingga 3 hari kemudian, ada baiknya jika dilakukan dengan didampingi instruktur profesional, yakni bidan yang terlatih dan bersertifikasi. Inilah gerakan senam nifas hari ke-1 setelah bersalin

LATIHAN HARI KE-1 (6 JAM PASCABERSALIN)

Terdiri atas: latihan pernapasan dada; latihan pernapasan iga-iga; dan latihan pergelangan kaki. Tujuannya untuk mendapatkan oksigen lebih banyak, memperlancar sirkulasi darah, dan memberi rasa nyaman. 

 

LATIHAN PERNAPASAN DADA

  • Pakaian dilonggarkan (pada bagian dada). 
  • Tidur telentang dengan satu bantal. 
  • Kedua tangan berada di dada.

Gerakan: Tarik napas dari mulut dengan membuka mulut, lalu keluarkan napas lewat mulut dengan membuka mulut lebar. Lakukan 15 kali gerakan pada pagi dan sore. 

 

senam nifas 1
Latihan pernapasan dada.

 

 

LATIHAN PERNAPASAN IGA-IGA

  • Pakaian dilonggarkan (pada bagian dada). 
  • Tidur telentang dengan satu bantal. 
  • Kedua punggung tangan berada di iga-iga samping kanan dan kiri.

Gerakan: Tarik napas dari dari hidung dan keluarkan dari mulut seperti bersiul. Lakukan 15 kali gerakan pada pagi dan sore.

 

Senam Nifas Iga-iga
Latihan pernapasan iga-iga.

 

 

 

LATIHAN GERAK PERGELANGAN KAKI

Tujuan: Membantu sirkulasi darah vena (pembuluh darah balik), memperlancar sirkulasi darah di kaki, dan menghilangkan pembengkakan di kaki. 

Gerakan: Posisi awal tidur telentang dengan satu bantal, kedua lutut lurus. Lakukan 15 kali gerakan pada pagi dan sore.

  • Latihan 1 (gerakan dorsi fleksi dan plantar fleksi). 

    Tegakkan kedua telapak kaki dengan lutut bagian belakang menekan kasur sehingga betis dan lutut bagian belakang terasa sakit, lalu tundukkan kedua telapak kaki bersama jari-jarinya.

 

Senam Nifas Dorsi Fleksi
Gerakan dorsi fleksi dan plantar fleksi.
  • Latihan 2 (gerakan inversi dan eversi). 

    Hadapkan kedua telapak kaki satu sama lain dengan lutut menghadap ke atas, lalu kembali ke posisi semula. Ulangi beberapa kali. 

    Posisi telapak kaki berhadapan, lalu lakukan gerakan kaki ke bawah, buka ke samping, dan tegakkan kembali. 

 

Senam Nifas inversi dan eversi
Gerakan inversi dan eversi.
  • Latihan 3 (gerakan sirkum duksi)

    Kedua telapak kaki diturunkan ke bawah, buka ke samping, tegakkan kembali, dan seterusnya. 

    Kedua telapak kaki dibuka dari atas ke samping, turunkan, hadapkan kembali, dan seterusnya. 

 

Senam Nifas Sirkum Duksi
Gerakan sirkum duksi.

 

 

Instruktur: Bidan Mulyati, S.ST. 

Clinical Instruktur RS Premier Bintaro, Tangerang.

 

Model: Arika Mutiara Lubis

 

Property & Lokasi: RS Premier Bintaro, Tangerang

 

 

 

 

Sumber : []

Reporter : Gazali Solahuddin
Editor : Heni Wiradimaja

Tags :

#senam nifas

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×