13 Hal Penting Tentang Kista

  • Jumat, 14 Juni 2013 10:00 WIB

13 Hal Penting Tentang Kista

Kista, sekilas terdengar menakutkan, padahal dengan mengetahui informasinya secara akurat, pencegahan dan penanganan dini dapat dilakukan. Berikut 13 hal penting yang perlu diketahui tentang kita.

1. Apa sebenarnya kista itu?

Kista adalah suatu bentuk pertumbuhan abnormal dari dinding ovarium. Dalam siklus reproduksi wanita, satu sel telur dalam indung telur akan mengalami ovulasi setiap bulannya. Ovulasi adalah proses pematangan sel telur dalam indung telur yang ditandai dengan keluarnya sel telur untuk kemudian oleh serabut fimbria dibawa ke saluran telur (tuba falopii). Sel telur yang matang siap untuk dibuahi jika bertemu sperma di saluran falopii. Selanjutnya, sel telur secara normal akan mengalami degenerasi hilang diserap oleh tubuh jika tidak dibuahi.

2. Apa yang dimaksud dengan kista fisiologi dan patologis?

Kista dibedakan menjadi 2, yakni kista fisiologis dan patologis. Kista fisiologis adalah kista yang akan menghilang pada saat siklus haid yang akan datang. Disebut patologis jika kista itu tidak menghilang pada siklus haid berikutnya.

3. Mengapa kista banyak terjadi pada organ reproduksi perempuan belakangan ini?

Salah satu pemicu terjadinya kista adalah makanan berlemak. Subtitusi hormon estrogen dalam tubuh diduga juga dapat memudahkan tumbuhnya kista, miom, dan lainnya.

4. Apakah kista akan memengaruhi kesuburan?

Tidak selalu. Kista yang masih kecil dan jinak, umpama, tidak akan memengaruhi kesuburan. Kista fungsional (kista folikel dan kista korpus luteum) juga tidak mengganggu kesuburan karena kista ini akan hilang dengan sendirinya bersamaan dengan datangnya haid. Seperti diketahui, kista fungsional tumbuh setiap bulan dan akan pecah pada masa subur untuk melepaskan sel telur yang dapat dibuahi oleh sperma. Namun memang ada pula kista yang dapat memengaruhi kesuburan dan menghambat terjadinya kehamilan, seperti kista endometriosis kista yang disebabkan pertumbuhan jaringan endometriosis di luar rahim).

5. Apakah kista dapat muncul pada saat hamil?

Reporter : Ipoel
Editor : Ipoel

Tags :

#kista

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×