4 Hal Unik yang Bisa Dilakukan Janin dalam Kandungan

  • Kamis, 5 Januari 2017 10:00 WIB

Ada banyak hal unik yang dilakukan janin dalam kandungan.

Nakita.id  – Selama sembilan bulan, janin ada di dalam kandungan. Kira-kira apakah mereka sudah bisa bergerak dan hidup layaknya manusia? Ternyata ada beberapa hal yang dilakukan janin di dalam kandungan yang mungkin tidak kita sangka. Berikut beberapa hal unik yang bisa dilakukan janin.

1.Janin bisa mendengar, melihat dan merasakan

Ternyata janin memang bisa mendengar dan merasakan apa yang Ibu lakukan. Indera pendengaran janin mulai minggu ke 8 dan mulai dengan mendengarkan suara aliran darah dan denyut jantung. Pada minggu ke 25, janin sudah bisa mendengar serta mengenali suara orang sekitarnya. Sementara janin sudah mulai melihat pada usia kehamilan 27 minggu. Otak janin sudah bisa bereaksi terhadap cahaya yang dilihat.

2.Janin bisa tertawa dan menangis

Janin ternyata sudah mampu mengeskpresikan gerakan wajah seperti tertawa dan menangis pada usia kehamilan 24 hingga 36 minggu. Pada usia 24 minggu janin sudah mampu menggerakan otot di wajah misalnya membuka mulut. Pada usia kehamilan 35 minggu ia dapat menggabungkan gerakan otot wajah sehingga membentuk ekspresi yang bisa dikenali.

 3.Janin bisa merasakan makanan yang Mama makan

Sebuah studi yang dipublikasikan dalam jurnal Pediatrics menemukan bahwa rasa makanan ternyata sudah bisa dikenali janin melalui cairan ketuban. Rasa buah, sayur dan makanan lainnya terbukti dapat dirasakan lewat cairan ketuban. Pada usia 16 minggu, janin sudah bisa mengecap rasa sehingga bisa mengenali makanan yang masuk lewat cairan ketuban.

4.Janin bisa tidur

Salah satu hal unik yang dilakukan janin dalam kandungan adalah tidur. Pada usia kehamilan 32 minggu, janin memanfaatkan waktu 90% hingga 95 selama satu hari untuk tidur. Sementara menjelang waktu kelahiran, janin akan tidur sebanyak 85% hingga 90% per hari. Bahkan beberapa ahli percaya bahwa janin bisa bermimpi apa yang mereka alami selama di dalam rahim.

Sumber : ["bored panda" , "Medical Daily"]

Reporter : Gisela Niken
Editor : Gisela Niken

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×