Apa yang Akan Terjadi Jika Ibu Hamil Punya Pola Makan Tidak Sehat?

  • Selasa, 14 November 2017 22:00 WIB

Apa yang Akan Terjadi Jika Ibu Hamil Punya Pola Makan Tidak Sehat?

Nakita.id - Tumbuh kembang calon bayi sangat bergantung pada ibunya. Maka setiap ibu hamil amat disarankan berusaha keras, mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan agar selalu dalam kondisi sehat, baik untuk ibu dan bayi.

Sebaliknya, ibu hamil juga perlu lebih banyak belajar tentang apa yang bisa terjadi pada diri sendiri dan bayi jika sering mengonsumsi makanan yang tidak sehat, sehingga hal ini bisa memotivasi Ibu untuk membuat keputusan tepat memilih makanan yang lebih sehat.

Nah, apa jadinya bila ibu hamil lebih sering mengonsumsi junk food? Berikut paparannya!

Baca juga : Awas, Ini Dampak Gizi Buruk Saat Hamil

1. Cacat lahir

Banyak kasus bayi dengan kondisi cacat lahir yang tidak dapat dicegah, namun Ibu dapat mengurangi risikonya dengan mengonsumsi makanan padat nutrisi.

KidsHealth melaporkan, ibu hamil yang kekurangan asam folat dapat meningkatkan kemungkinan bayi terkena cacat tabung saraf seperti spina bifida. Asam folat bisa ditemukan pada sayuran berdaun gelap dan sereal.

2. Kehilangan kalsium

Bayi yang belum lahir membutuhkan jumlah kalsium yang cukup untuk menumbuhkan tulang dan otot yang kuat. Jika kita tidak mengonsumsi makanan dengan banyak kalsium, bayi nantinya akan mengambil kebutuhan kalsium ibunya, sehingga akan menyebabkan kekurangan kalsium.

Kalsium hadir dalam makanan olahan berbahan dasar susu seperti susu, keju dan yogurt, tetapi juga dapat ditemukan di beberapa buah, sayuran dan jus yang diperkaya kalsium dan produk biji-bijian.

Sumber : Livestrong

Reporter : Avrizella Quenda
Editor : Santi Hartono

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×