Berapa Lama Pemulihan Organ Dalam Rahim Usai Melahirkan?

  • Sabtu, 15 Juli 2017 11:30 WIB

Pemulihan rahim usai melahirkan | Pemulihan rahim usai melahirkan

Nakita.id - Setelah bersalin normal, berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk pemulihan organ dalam rahim untuk kembali seperti semula?       

Normalnya, sejak hari pertama melahirkan secara alami sampai waktu 40 hari, ibu akan mengalami periode masa nifas (perdarahan sisa-sisa dari proses persalinan).

Pada minggu pertama masa nifas, darah yang keluar berwarna merah segar (lochia rubra). Setelah itu selama dua minggu, warna darah yang keluar berubah menjadi kecokelatan dan kekuningan (lochia sanguinolenta).

Berikutnya, mulai keluar lendir-lendir putih bening atau agak kuning (lochia alba).

Masih berkaitan dengan itu, hari kedua atau ketiga setelah melahirkan, selain ASI mulai keluar, ibu juga akan mengalami kontraksi-kontraksi kuat yang berdampak terhadap mengecilnya rahim kembali ke ukuran sebelum hamil.

Ukuran rahim yang pada saat hamil besarnya cukup untuk kapasitas janin seberat 3-4 kg,  begitu melahirkan akan mengecil menjadi hanya sekitar 2 kepalan tangan laki-laki dewasa.

Sekitar dua minggu kemudian, rahim akan mengecil lagi menjadi satu kepalan tangan hingga menjadi sebesar telur ayam sampai akhirnya tak lagi dapat teraba dari perut.

Bila tak ada masalah, proses mengecilnya rahim ini berlangsung sekitar 40 hari.

Lantaran itulah, seminggu setelah persalinan, perlu dilakukan pemeriksaan ulang.  Salah satunya untuk melihat terjadi tidaknya kontraksi dan bersih tidaknya rahim dari sisa-sisa darah pascabersalin.

Kontraksi menjadi penting karena tanpa adanya kontraksi-kontraksi yang kuat, ibu dapat mengalami ancaman perdarahan pascamelahirkan.

Reporter : Ipoel
Editor : Ipoel

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×