Cara Alami Ini Dapat Atasi Stretch Mark, Kulit Kusam dan Gatal Selama Kehamilan

  • Kamis, 14 September 2017 09:30 WIB

Menghilangkan gangguan kulit saat hamil bisa dilakukan dengan cara alami | MalayalamMagazine

Nakita.id - Perubahan bentuk tubuh dan perubahan hormonal selama kehamilan bisa memicu munculnya masalah kulit dan kesehatan, antara lain selulit, perasaan mual, gatal-gatal, dan kulit kusam. Untuk mengatasinya, Ibu harus pintar-pintar memilih produk perawatan kulit dan kesehatan. Di pasaran, ada banyak produk yang mengandung bahan-bahan kimia yang dapat membahayakan janin. Berikut cara alami atasi gangguan kulit saat hamil.

Baca juga: 6 Masalah Kulit Saat Kehamilan Ini Mungkin Akan Ibu Alami 

1.Stretch mark

Selulit atau strech mark adalah masalah yang umumnya muncul di masa kehamilan. Garis-garis merah ini biasanya timbul di sekitar perut, pinggang, paha, dan bokong. Nah, cara alami cegah stretch mark saat hamil adalah dengan menggunakan losyen atau krim tubuh yang mengandung cocoa butter.

Kandungan moisturizer yang tinggi dalam cocoa butter dipercaya dapat menjaga kelembapan kulit selama kehamilan, membuatnya tetap kenyal. Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi minyak vitamin E yang memberikan nutrisi pada kulit agar tetap sehat. Kulit yang sehat, kenyal, dan lembap memiliki elastisitas yang baik, sehingga mampu menangani peregangan kulit yang terjadi semasa kehamilan.

Untuk hasil terbaik, oleskan krim badan atau losion ke area perut, dada, pinggang dan panggul, juga paha, setidaknya dua kali sehari.

Baca juga: Kenali Tanda Melasma, Kondisi Kulit yang Sering Menyerang Ibu Hamil 

2.Kulit gatal

Sebagian Ibu hamil mungkin mengalami rasa gatal di sekitar perut dan payudara mereka. Ini muncul karena terjadi peregangan kulit untuk mengakomodasi payudara dan perut yang membengkak. Perubahan hormon yang terjadi dalam tubuh juga memicu munculnya rasa gatal tersebut.

Alih-alih menggaruk kulit dan menimbulkan bekas luka, redakan rasa gatal yang mengganggu itu dengan lidah buaya. Ambil satu tangkai daun lidah buaya, peras cairannya, lalu aplikasikan secara merata di area kulit yang gatal-gatal. Cairan lidah buaya juga bisa didapatkan dalam bentuk gel yang banyak dijual di apotek-apotek. Perhatikan kondisi kulit Anda: jika gatal-gatal pada kulit disertai ruam merah, bukan sekadar kering dan meregang, segera konsultasikan pada dokter.

Baca juga: Agar Kulit Tidak Hitam dan Kusam Saat Hamil

 3.Tetap bersinar selama hamil

Obat paling ampuh untuk membuat kulit tetap cerah selama kehamilan adalah air putih. Selain itu, air putih juga ampuh mencegah munculnya sakit kepala, konstipasi, infeksi kandung kemih, bahkan wasir. Asupan air putih yang cukup selama kehamilan juga penting agar kesehatan bayi dalam kandungan tetap terjaga.

Tubuh yang senantiasa terhidrasi dengan baik dapat menangkal munculnya kontraksi Braxton Hicks atau kontraksi palsu yang sangat tidak nyaman dan terkadang menyakitkan. Untuk mewujudkan kulit yang sehat dan bersinar, minumlah air putih sebanyak 8 gelas per hari.

Reporter : Gisela Niken
Editor : Heni

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×