Flek Saat Hamil Tak Berarti Keguguran, tapi Cari Tahu Penyebabnya!

  • Kamis, 18 Mei 2017 11:00 WIB

nyeri menstruasi | Flek saat hamil tidak selalu berarti Ibu akan mengalami keguguran. | CNN

Nakita.id - Keluarnya flek darah saat sedang hamil bisa bikin Ibu panik. Namun, tak perlu cemas, sebab keluarnya flek darah tidak selalu berarti Ibu akan mengalami keguguran.

Perdarahan selama kehamilan, terutama pada trimester pertama, umum dialami oleh para ibu hamil. Riset membuktikan, sekitar 25% ibu hamil mengalami perdarahan ringan, sementara 8% lainnya mengalami perdarahan berat. Perdarahan saat hamil biasanya terjadi antara minggu ke-5 dan 8, dan lamanya tidak lebih dari 3 hari.

Ada beberapa hal yang bisa jadi penyebab perdarahan saat hamil. Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

1. Proses implantasi sel telur ke dinding rahim bisa membuat Ibu mengalami flek ringan. Tidak perlu khawatir, biasanya hal ini hanya terjadi satu-dua hari. Sebagian ibu mungkin malah berpikir sedang datang bulan dan tidak sadar kalau ini adalah pertanda mereka sedang hamil.

2. Pengaruh hormon yang berkaitan dengan siklus haid membuat Ibu bisa mengalami perdarahan pada tanggal-tanggal Ibu seharusnya haid. Dengan adanya kehamilan, otomatis haid tidak terjadi. Selama hamil pun hormon akan mencegah terjadinya haid. Namun, terkadang kadar hormon di tubuh Ibu tidak cukup tinggi untuk mencegah terjadinya haid, sehingga Ibu pun bisa mengalami perdarahan pada minggu ke-4, 8, dan 12 kehamilan. Setelah plasenta mengambil alih peran produksi hormon dari saluran telur, kejadian seperti ini pun akan berakhir.

3. Berhubungan intim juga bisa jadi penyebab perdarahan saat hamil. Hal ini dikarenakan meningkatnya suplai darah serta penipisan pada area leher rahim. Bukan berarti Ibu lantas tidak boleh berhubungan intim selama hamil, karena janin sebenarnya sudah berada dalam posisi aman di kandungan.

Jika usia kandungan Ibu sudah lebih dari 20 minggu, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter ketika terjadi perdarahan saat hamil. Terutama bila perdarahannya termasuk berat, yaitu mengalir keluar dan disertai gumpalan darah, dan diiringi dengan keram pada perut, sakit di bagian pinggang belakang, dan nyeri seperti setiap Ibu akan haid.

Dari pemeriksaan dokter, akan diketahui apakah penyebab perdarahan saat hamil yang Ibu alami termasuk masih aman atau butuh perhatian khusus. Dokter bisa menganjurkan Ibu untuk beristirahat total di rumah dan memberi resep obat untuk agar kehamilan Ibu terjaga hingga bayi lahir nantinya. Jadi, tidak perlu cemas, ya, Bu!

Sumber : bellybelly.com.au

Reporter : Irene Harris
Editor : Dini Felicitas

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×