Haruskah Ibu Menjauhi Kosmetik Selama Kehamilan?

  • Jumat, 16 Juni 2017 18:45 WIB

Haruskah Ibu Menjauhi Kosmetik Selama Kehamilan? | Nakita.id

Nakita.id - Kehamilan selalu saja membuat ibu harus berpantang ini dan itu demi menjaga kesehatan janinnya. Mulai dari mengurangi atau menghindari junk food favorit hingga penggunaan kosmetik karena paparan bahan kimia tertentu bisa memberi efek buruk selama kehamilan.

Jauhkan bahan kimia endokrin! Produk kosmetik yang mengandung bahan kimia endokrin sangat berbahaya selama kehamilan karena sifatnya yang dapat mempengaruhi hormon ibu hamil.

(Baca juga : Kosmetik Aman Untuk Ibu Hamil)

Ada beberapa bahan kimia endokrin, seperti BPA, atrazin, phthalates, dioxin dan perklorat. Apa yang dilakukan bahan-bahan kimia ini dalam tubuh? Bahan ini mempengaruhi sistem endokrin kita, sehingga menyebabkan cacat lahir, tumor dan masalah perkembangan pada janin.

Sifat merugikan bahan kimia ini terdapat pada sebagian besar kosmetik. Misalnya, parfum yang mengandung phthalate. Sebaiknya, untuk para ibu hamil, hindari penggunaan kosmetik atau memilih produk yang bebas dari bahan seperti BPA, phthalate dan parabens.

Bahkan, beberapa produk kecantikan, seperti lotion atau krim bisa berbahaya bagi janin. Tanpa berkonsultasi dengan dokter, lebih baik tidak menggunakan produk perawatan kulit selama kehamilan.

(Baca juga : Ini Kosmetik yang Boleh dan Tidak Boleh Digunakan Selama Kehamilan)

Untuk penggunaan cat rambut, pilihlah produk pewarna yang tidak mengandung amonia. Hal ini dapat mempengaruhi paru-paru dan kulit kita. Untuk cat kuku, bahan kimia seperti metilbenzena dan toluena adalah bahan berbahaya yang ada pada beberapa produk cat kuku. Keduanya memiliki efek karsinogenik.

Sementara, untuk produk kecantikan lainnya seperti krim penghilang rambut atau bahkan lipstik, krim yang digunakan untuk menghilangkan rambut bersifat toksik dan asam thioglycolic. Usahakan untuk menghindari penggunaan kosmetik sebanyak mungkin selama kehamilan. Jika tetap ingin menggunakan kosmetik, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kandungan untuk informasi yang lebih akurat.

(Baca juga : Kosmetik Tak Aman Sebabkan Janin Cacat)

Sumber : Boldsky

Reporter : Avrizella Quenda
Editor : Ida Rosdalina

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×