Ibu Hamil Gemuk Perlu Ekstra Hati-Hati Menjalani Kehamilannya.

  • Rabu, 13 September 2017 08:45 WIB

Bagi bumil gemuk, pertambahan berat badan yang pas selama hamil adalah sekitar 7—11,5 kg. Lebih dari itu akan meningkatkan berbagai risiko | The Daily Mail

Nakita.id.- Menurut Dr. dr. H. Hanny Ronosulistyo, SpOG dari Melinda Hospital & Santosa Hospital, Bandung, jumlah bumil gemuk yang mengalami hipertensi dan kenaikan kadar gula darah ini cukup banyak.

Risiko lain yang dihadapi bumil gemuk adalah melahirkan bayi besar (di atas 4 kg) serta tingginya kadar hormon estrogen yang dapat diproduksi dari lemak tubuh berlebih. Bila bayi tergolong besar, kemungkinan Ibu harus melahirkan secara sesar dan hal ini juga akan menimbulkan risiko lain.

Baca juga: Agar Ibu Hamil Yang Gemuk Tetap Sehat

Naomi Torgerson, M.D., Asisten Ketua Departemen Obstetri dan Ginekologi di Kaiser Permanente di Richmond, California mengatakan, bedah sesar pada perempuan obesitas lebih rumit karena kelebihan lemak di bawah kulit kerap membuat dokter kesulitan dalam menemukan pembuluh darah dan melakukan anestesi pada tulang belakang. 

Sementara kadar estrogen yang terlalu tinggi di masa kehamilan, menurut para peneliti di Georgetown Lombardi Comprehensive Cancer Center, dapat meningkatkan risiko kanker payudara dan kanker rahim.

Tak hanya itu, perawatan kehamilan pada bumil gemuk pun, menurut Hanny, lebih sukar dibandingkan bumil dengan berat badan normal.

Baca juga: Jika Ibu Hamil Gemuk

Saat melakukan pemeriksaan kandungan, misal, alat USG sering kali kesulitan menentukan posisi janin dengan pasti akibat tertutup banyaknya lemak di tubuh bumil. Hal yang sama terjadi ketika dokter hendak mendengarkan denyut jantung ataupun merasakan gerakan janin.

KONTROL BERAT BADAN

Berdasarkan berbagai risiko tersebut, para dokter menyarankan perempuan yang kelebihan berat badan untuk menurunkan bobotnya ke angka normal terlebih dahulu sebelum merencanakan kehamilan. Ini adalah langkah paling baik untuk menjaga keselamatan Ibu dan janin.

Sumber : Tabloid Nakita

Reporter : Alia An Nadhiva
Editor : Santi Hartono

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×