Apa Tanda Ibu Hamil Kelebihan Berolahraga?

  • Kamis, 5 Januari 2017 15:15 WIB

Terlalu lelah menjadi tanda bahwa olahraga berlebihan saat hamil

Nakita.id – Olahraga saat hamil tentu sah-sah saja bahkan memberikan manfaat bagi kehamilan kita. Namun, Ibu perlu waspada jika ada tanda-tanda yang menunjukkan olahraga berlebihan saat hamil. Umumnya, wanita hamil perlu berolahraga 150 menit per minggu untuk melakukan aktivitas aerobik. Olahraga yang berlebihan dan kondisi kehamilan tertentu membutuhkan arahan dari dokter.

Baca juga: Yuk olahraga saat hamil agar bayi cerdas

Sebagai ibu hamil, kita juga perlu mewaspadai olahraga yang berlebihan. “Olahraga berlebihan dapat meningkatkan progesteron yang memengaruhi sendi dan ligamen sehingga dapat meningkatkan risiko cedera jika tidak berhati-hati,” ujar Dr. Jessica Shepard, seorang dokter kandungan dan direktur ginekologi di University of Illinois Chicago seperti yang dikutip dari Fox News.

American College of Obstetrics and Gynaecology juga mengungkapkan perempuan hamil disarankan untuk mengikuti kegiatan olahraga dengan intensitas sedang. Gerakan untuk ibu hamil cukup untuk menghasilkan keringat dan denyut jantung. Contoh olhraga yang aman seperti berjalan, berenang, sepeda statis dan yoga. Gerakan aerobik yang statis dan konsisten dalam kurun waktu tertentu sangat dibutuhkan bagi ibu hamil.

Baca juga: Jenis olahraga untuk ibu hamil agar persalinan lancar

Dr. Connie Faro, salah seorang dokter kandungan dan kepala The Woman Hospital di Texas mengungkapkan ada beberapa gejala yang menandai kegiatan olahraga yang dilakukan berlebihan dan perlu segera menurunkan intensitasnya. Gejala tersebut antara lain sesak napas, pusing atau kelelahan berlebihan. Menurutnya, ibu juga perlu mendengarkan tubuh mereka sebab kelelalhan berlebihan akan menyebabkan janin kekurangan oksigen.

Selain tanda-tanda di atas, kita juga bisa mengetahui apakah olahraga berlebihan saat hamil kita lakukan atau tidak. Salah satunya adalah tes bicara. Saat olahraga, Ibu sebaiknya masih bisa bercakap-cakap dengan orang lain. Artinya, olahraga tersebut masih dalam intensitas sedang. Ingat bahwa olahraga saat hamil membutuhkan konsistensi bukan olahraga yang bersifat kompetisi.

Sumber : ["Fox News"]

Reporter : Gisela Niken
Editor : Gisela Niken

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×