Kiat Mudah Menjalani Kehamilan Aman dan Nyaman

  • Rabu, 13 September 2017 16:30 WIB

Menjalani Kehamilan Nyaman

Nakita.id - Tak perlu banyak tenaga untuk menjalani kehamilan dengan nyaman. Yang penting Ibu siap mental dan rajin berkonsultasi tentang apapun, baik kepada dokter, pasangan, keluarga ataupun teman dekat. Ada pula beragam tip untuk menjalani kehamilan nyaman.

1. Cukup istirahat.
Cobalah mulai mencermati pemakaian waktu sehari-hari. Kurangi aktivitas yang terlalu melelahkan. Sempatkan pula untuk melakukan tidur siang. Jangan terlalu memikirkan berbagai pekerjaan rumah tangga yang tidak tertangani.

Saatnya Ibu mengomunikasikan pada pasangan bahwa Ibu membutuhkan dukungan dan pertolongan terutama ketika tubuh merasa sangat lelah. Yang paling penting, ketika tubuh sudah memberikan tanda-tanda letih, segeralah beristirahat.

(Baca juga : 8 Cara Aman Meringankan Sakit Kepala Saat Hamil)


2. Cermati makanan yang dikonsumsi.
Utamakan bahan-bahan makanan yang memiliki kandungan bermanfaat untuk perkembangan janin, seperti asam lemak omega-3 dan 6 untuk pembentukan saraf dan jaringan otak . 

Selain itu, tak ada salahnya untuk mengonsumsi makanan dalam jumlah yang lebih besar di akhir pekan ketika Ibu banyak melakukan aktivitas bersama anak yang lebih tua.  Untuk mendapatkan energi tambahan itu, siapkan makanan sepinggan kaya energi, seperti lasagna, kaserol, atau bubur kacang hijau.


3. Mencermati sumber informasi pengetahuan tentang kehamilan.
Ada berbagai cara yang dapat dilakukan untuk menambah pengetahuan tentang kehamilan. Namun, jangan mudah meyakini informasi yang diperoleh. Bila perlu, cobalah mengonfirmasikan informasi yang membingungkan kepada ahli atau dokter, sehingga tidak terjadi kesalahan.

(Baca juga : Bersepeda Tidak Disarankan untuk Ibu Hamil dengan Kondisi Ini)


4. Bersantailah.
Memang tidak mudah menyesuaikan perubahan fisik yang terjadi selama kehamilan. Akibatnya, kondisi emosi pun kerap naik turun. Untuk itu, luangkan waktu sebanyak mungkin untuk bersantai. Lakukan hal-hal sederhana yang menyenangkan.

Misalnya, menonton film komedi atau sekadar mendengarkan alunan musik sambil bersantai. Ketegangan dan stres yang dialami oleh Ibu yang sedang hamil dapat memengaruhi tumbuh kembang janin.


5. Berolahraga.
Lakukan olahraga ringan seperti biasa.  Ada baiknya, konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter olahraga apa yang Ibu pilih. Kebanyakan calon Ibu pada trimester pertama melakukan program jalan sehat.

Olahraga ini bermanfaat untuk melancarkan sirkulasi oksigen pada tubuh, sehingga dapat membantu mengendalikan emosi atau mood yang kadang-kadang naik turun. Selain juga bermanfaat untuk mengendalikan berat badan.

(Baca juga : Hanya Obat-Obatan Ini yang Boleh Dikonsumsi Ibu Hamil)


6.  Mencari dokter kandungan yang cocok.
Bila belum menemukan dokter yang mengerti keinginan Ibu, teruslah mencari hingga  menemukan dokter yang dirasa cocok. Penting mencari dokter kandungan yang dapat melakukan konsultasi dengan baik (menjawab pertanyaan dan rasa ingin tahu pasien hingga tuntas).

Jika Ibu merasa kurang cocok dengan dokter selama ini, tidak ada larangan untuk berganti dokter kapan saja. Namun sebaiknya pilihan sudah ditentukan di trimester pertama agar dokter dapat mengikuti perkembangan kehamilan Ibu dengan baik dari awal sampai akhir.

Reporter : Avrizella Quenda
Editor : Santi Hartono

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×