Langkah Mudah Menjalin Ikatan dengan Bayi Sejak Dalam Kandungan

  • Selasa, 22 November 2016 17:00 WIB

Sentuhan menjadi cara sederhana dalam menjalin ikatan dengan bayi sejak dalam kandungan | iStock

Tabloid-Nakita.com – Meningkatkan ikatan dengan bayi sejak dalam kandungan adalah cara penting dalam memersiapkan diri menjadi orangtua. Dengan aktif berkomunikasi dengan bayi sejak dalam kandungan, Mama akan menyiapkan si kecil  untuk menghadapi dunia nyata. Selain itu, bonding dengan bayi baru lahir akan mudah jika Mama mulai menjalin ikatan dengan bayi sejak dalam kandungan.

Baca juga: Ikatan batin ibu dan anak membuat anak cerdas

Dr. Beatriz Marique, salah seorang psikolog klinis mengungkapkan manfaat dari menjalin ikatan dengan janin. Janin yang distimulasi denagn sentuhan dan suara akan memiliki kontrol kepala yang lebih baik sehingga proses kelahiran akan berjalan lebih lanar. Menurut penelitian yang dibuat oleh Marique, berkomunikasi dengan janin tidak hanya membangun ikatan tetapi berpengaruh pada kemampuan sosial dan emosional janin.

Langkah paling mudah untuk meningkatkan ikatan dengan bayi adalah berbicara. Sejak dalam kandungan, si kecil tenyata bisa mengenali suara-suara dari orangtua. Ucapan sederhana seperti selamat pagi dan selamat malam setiap harinya adalah contoh kebiasaan yang baik. Mama juga bisa mengajaknya ngobrol tentang apa yang terjadi untuk membantu pertumbuhan janin.

Baca juga: Kurang bonding anak dan janin, penyebab janin terlambat berkembang

Tahukah Mama bahwa janin sudah bisa mendengar pada usia kehamilan 18 minggu? Jadi, Mama bisa menyanyikan lagu untuknya sebelum ia lahir. Musik klasik menjadi salah satu jenis musik yang diberikan pada bayi karena memiliki efek menenangkan bagi bayi. Menyanyikan sebuah lagu juga menjadi cara tepat agar si kecil bisa terstimulus dengan suara.

Baca juga: Cara sederhana membangun ikatan antara ayah dan janin

Salah satu bentuk komunikasi yang dilakukan janin adalah dengan menendang dan bergerak dalam janin. Untuk itu, Mama bisa membalas gerakan dengan pijatan kembut. Mama bisa memberikan pijatan lembut, maka bayi bisa saja menendang dan bergerak pada bagian yang baru saja dipijat. Cara-cara sederhana tadi bisa Mama lakukan setiap hari untuk menjalin ikatan dengan bayi sejak dalam kandungan.

Sumber : ["kidspot"]

Reporter : Gisela Niken
Editor : Gisela Niken

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×