Mengapa Pola Makan di Trimester Ketiga Harus Lebih Diperhatikan? Ini Dia Jawabannya!

  • Selasa, 14 November 2017 20:00 WIB

Pedoman Pola Makan yang Sebaiknya Dilakukan di Trimester Ketiga Kehamilan

Selain pertumbuhan bayi yang pesat, tubuh Ibu juga sedang bersiap-siap untuk melahirkan. Di masa ini, menentukan pola makan sehat dan bergizi sama pentingnya seperti pada saat trimester pertama dan kedua.

Pedoman Pola Makan di Trimester Ketiga

Mengonsumsi makanan seimbang adalah hal terpenting selama trimester ketiga, menurut Elizabeth M. Ward, ahli gizi terdaftar dan penulis buku “Expect the Best: Your Guide to Healthy Eating Before, During & After Pregnancy.” (Turner Edition, London-2014).

Ward menuturkan, seorang ibu hamil harus fokus dan rutin mengonsumsi roti gandum dan produk sereal, berbagai buah dan sayuran, sumber protein dan produk susu rendah lemak.

Baca juga : Pemeriksaan Penting pada Ibu Hamil di Trimester Ketiga

Kebutuhan Nutrisi Ekstra

Selain kebutuhan pola makan dasar, selama trimester ketiga, perkembangan otak bayi yang pesat akan mendapatkan sejumlah manfaat ketika Ibu mengonsumsi makanan yang mengandung asam lemak dan kolin Omega-3. 

Kebutuhan kalsium juga sangat diperlukan mengingat pertumbuhan tulang yang sangat cepat di trimester ini.

Ikan, termasuk salmon, mackerel, tuna dan kerang adalah sumber lemak, zat besi dan Omega-3 yang baik. Susu rendah lemak, keju cottage dan yogurt juga bisa memberikan tambahan kalsium.

Kebutuhan Kalori

Sumber : live strong

Reporter : Avrizella Quenda
Editor : Santi Hartono

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×