Mengenal Periode Prioritas Kebutuhan Gizi Ibu Hamil

  • Rabu, 13 September 2017 16:00 WIB

Mengenal Periode Prioritas Kebutuhan Gizi Ibu Hamil

Nakita.id - Ternyata pertumbuhan otak bayi terjadi di tiga minggu kehamilan, atau hitungan secara medis ialah pada saat minggu ke-5. Sayangnya, pada fase tiga minggu atau lima minggu dari usia kehamilan ini, banyak Ibu yang tidak mempersiapkan diri terkait dengan pemenuhan asupan nutrisi untuk si calon bayi.

Padahal di usia ini sel-sel otak bayinya mulai berkembang. Makanya anak yang cerdas, sel otaknya akan berbeda dengan yang tidak cerdas. Mungkin karena faktor genetik, tapi bila Ibu tidak bantu dengan menstimulasinya, maka anak tidak akan cerdas.

“Bayi yang dikandung Ibu adalah orang yang sangat bergantung kepada ibunya. Kenapa? Pada masa kehamilan ini, ibu hanya satu-satunya sumber nutrisi untuk calon bayi,” kata dr. H. Achmad Sani Agusfar dari RSIA Bunda Aliyah Pondok Bambu dan RSU Citra Harapan Bekasi. 

Baca juga : 8 Kebutuhan Gizi yang Dibutuhkan Mama Hamil

Ini bisa dilihat ketika ibu hamil punya kebiasaan makan yang tidak sehat, anak juga nantinya punya kebiasaan makan yang tidak sehat pula. Nah, penting bagi Ibu untuk selalu menjaga asupan nutrisi selama kehamilan.

Selama kehamilan nutrisi tidak hanya untuk pertumbuhan janin, tapi juga untuk menjaga kesehatan dan kekuatan Ibu sambil mempersiapkan diri untuk proses penyembuhan luka persalinan baik normal maupun sesar dan cadangan untuk masa menyusui. Ada 4 komponen yang perlu Ibu perhatikan.

Baca juga : Ingin Bayi yang Dikandung Cerdas?Jangan Lupakan 3 Zat Gizi Penting Selama Kehamilan

1. Ibu cukup mengonsumsi satu porsi makanan, karena biasanya bayi hanya mengambil nutrisi dari seperempat piring, setengah piring, mungkin cuma dua sendok makan. Itu yang harus disesuaikan.

2. Nutrisi bayi juga harus dipersiapkan agar cukup. Jika nutrisi bayi tidak cukup maka ada dampak jangka pendek dan jangka panjang. Dari jangka pendek nanti akan berpengaruh pada pembentukan sel otak. Bila nutrisinya tidak cukup pada fase awal, maka perkembangan sel otaknya terbatas.

3. Massa otot. Jika anak mendapatkan nutrisi yang baik dari Ibunya, maka anaknya cenderung lebih tinggi dan lebih besar dari orangtuanya.

Sumber : dr. H. Achmad Zani Agusfar. Sp.OG

Reporter : Avrizella Quenda
Editor : Santi Hartono

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×