Yang Terjadi pada Tubuh 24 Jam Setelah Melahirkan

Reporter : Gisela Niken
Editor : Gisela Niken

Yang Terjadi pada Tubuh 24 Jam Setelah Melahirkan

Nakita.id – Perjalanan Mama setelah 9 bulan mengandung telah berakhir. Tubuh Mama pun kembali melakukan penyesuaian, terutama pada 24 jam setelah melahirkan. Tubuh akan berubah secara drastis, sehingga akan memberikan dampak baik secara fisik maupun mental. Maka dari itu, Mama perlu menyiapkan diri pada perubahan tubuh setelah melahirkan.

1. Tubuh masih menyimpan banyak air
Setelah melahirkan, berat badan Mama bisa turun 9 hingga 12 kilogram. Mama sudah tidak lagi menyimpan tubuh bayi yang memiliki berat 3-4 kilogram, plasenta seberat 0,5 hingga 1 kilogram, serta air ketuban yang dapat memiliki berat sekitar 1 kilogram. Meski begitu, tubuh Mama masih menyimpan cairan dalam rahim yang akan perlahan keluar dalam kurun waktu 24 jam. Secara bertahap cairan tersebut akan keluar ketika Mama berkeringat atau buang air kecil.

Baca juga: Cepat Pulih Usai Melahirkan Normal 

2. Mengalami kram di sekitar rahim dan panggul
Rahim Mama akan kembali ke ukuran semula selama 24 jam setelah melahirkan, yaitu sekitar 6 hingga 7 sentimeter. Saat hamil, posisi rahim Mama berubah mencapai perut di bawah rusuk. Setelah melahirkan, posisinya akan kembali di bawah pusar. Maka dari itu, perubahan rahim ini memicu terjadinya kram. Setelah melahirkan, Mama juga memproduksi hormon oksitosin. Hormon ini turut memicu terjadinya kram.

Klik halaman selanjutnya di sini


Sumber : []

Reporter : Gisela Niken
Editor : Gisela Niken

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×