Yang Terjadi pada Tubuh 24 Jam Setelah Melahirkan

Reporter : Gisela Niken
Editor : Gisela Niken

Ternyata ini hal-hal yang terjadi setelah melahirkan

Yang Terjadi pada Tubuh 24 Jam Setelah Melahirkan (1)

3. Mengalami pendarahan
Masa ini biasa disebut nifas, yaitu masa pembersihan rahim di mana sisa-sisa plasenta dan dinding rahim keluar dari dalam tubuh. Selama 24 jam setelah melahirkan Mama akan mengalami pendarahan dengan darah berwarna segar bersamaan dengan sisa-sisa plasenta, lemak janin, hingga kotoran janin saat dalam kandungan. Mama tidak perlu khawatir karena memang mayoritas ibu yang baru melahirkan mengalami pendarahan berat di hari pertama hingga seminggu setelahnya. Pendarahan akan perlahan berkurang seiring berjalannya waktu.

4. Perubahan mood
Perubahan perasaan hati disebabkan oleh perubahan tubuh, hormon, serta pikiran Mama yang tidak tenang setelah melahirkan. Perasaan yang Mama rasakan pun bervariasi. Mama bisa bahagia, sedih, gelisah, hingga marah dalam waktu yang hampir bersamaan. Hampir sama seperti perubahan tubuh Mama saat pertama hamil, Mama juga harus kembali beradaptasi dengan kondisi tubuh setelah melahirkan.

Baca juga: Perasaan Tak Terduga Setelah Melahirkan 

5. Perubahan payudara
Payudara Mama memproduksi kolostrum yang merupakan cairan pertama yang dihasilkan kelenjar susu pada 24-36 jam pertama setelah kelahiran bayi. Saat itulah puting akan sangat lembut namun sensitif. Mama harus memberikan ASI yang mengandung kolostrum ini sebab dapat melindungi bayi dari segala macam penyakit, membantu sistem pencernaannya, serta membantu tumbuh kembang bayi.

Beberapa perubahan tubuh setelah melahirkan tadi wajar dialami oleh setiap wanita. Tak hanya menyiapkan diri menjelang kelahiran, Mama harus menyiapkan perubahan yang terjadi pada tubuh setelah melahirkan.


Sumber : []

Reporter : Gisela Niken
Editor : Gisela Niken

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×