Yuk, Cari Tahu Apa Yang Dipelajari Di Kelas Senam Hamil!

  • Rabu, 13 September 2017 19:30 WIB

Senam hamil bisa menjadi wadah untuk sharing antara pengajar dengan calon orangtua baru. | Thinkstock

Nakita.id.- Ada sebuah ungkapan bijak: “There is no way to be a perfect mother, but a million ways to be a good one.” Betul Bu, ada banyak cara yang bisa Ibu Ayah lakukan untuk memberikan perawatan terbaik bagi sang buah hati sejak di kandungan. Mengikuti kelas prenatal merupakan salah satu caranya.

Awalnya, kelas prenatal diadakan untuk membantu para calon ibu dan ayah untuk mendapatkan pengetahuan tentang proses kelahiran yang aman dan lancar.

Biasanya dilakukan saat kehamilan memasuki terimester akhir, sehingga diharapkan bisa mengurangi risiko angka kematian ibu dan bayi.

Seiring meningkatnya keinginan para calon orangtua untuk memberikan pengasuhan terbaik bagi sang buah hati, kelas prenatal kini hadir dengan jenis dan fungsi lebih beragam.

Bukan hanya tentang persiapan menghadapi persalinan, juga pengetahuan tentang pemberian ASI eksklusif, perawatan bayi baru lahir, hingga kelas pijat bayi.

Bahkan juga bisa menjadi wadah untuk sharing dengan pengajar dan peserta lain yang sudah lebih dahulu menjadi orangtua. Dengan begitu, Ibu pun lebih siap secara mental dan skill dalam menjalani kehidupan baru bersama sang buah hati.

Salah satu kelas prenatal yang dipilih adalah kelas senam hamil. Baik untuk kelahiran normal maupun sesar, senam hamil memberikan manfaat yang sama bagusnya untuk mendapatkan proses kelahiran yang nyaman dan lancar. Senam hamil terkadang juga melibatkan pasangan (ayah) sebagai pendamping/partner.

Baca juga: Senam Hamil Posisi Berdiri

Ibu hamil dapat mengikuti kelas ini saat usia kehamilan menginjak 28 minggu dan sudah mendapat izin dari dokter kandungan terkait dengan kesehatan janin. Soalnya, ada beberapa kondisi kehamilan yang tak disarankan untuk melakukan gerakan-gerakan pada senam hamil.

Menurut Bidan Tati dari RSIA Hermina Ciputat, Di kelas senam hamil, Ibu dan Ayah dapat melakukan berbagai aktivitas yang memberikan pembelajaran dengan tujuan;

Sumber : Tabloid Nakita

Reporter : Ayunda Pininta
Editor : Santi Hartono

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×