Awas, Jangan Mandi pada Jam-jam Ini!

  • Selasa, 25 Oktober 2016 10:00 WIB

Awas, Mandi Pada Tiga Waktu Ini Bisa Berbahaya

Tabloid-Nakita.com - Saat udara begitu panas, membuat tubuh Mama menjadi cepat lengket. Hal pertama yang ingin dilakukan Mama saat itu pastilah mandi. Ya, meskipun tadi pagi atau tadi sore sudah mandi seperti biasa. Boleh saja mandi lebih dari dua kali sehari, tetapi Mama perlu tahu tiga waktu yang tidak disarankan untuk mandi. Menurut rumus kesehatan, pada waktu-waktu itu kondisi jantung sedang melemah, sehingga berisiko menyebabkan kematian mendadak. Berikut waktu yang kurang tepat untuk mandi:

Baca: 5 Kesalahan Saat Mandi yang Berdampak Buruk pada Kulit

1. 30 menit setelah shalat Ashar
Mama tidak disarankan untuk mandi lewat pukul 15.00-an, karena kondisi darah dalam tubuh sedang dalam keadaan panas. Sehingga, mandi pada waktu tersebut dapat mengakibatkan rasa lelah dan letih yang berisiko mengalami kematian mendadak.

2. Setelah Magrib
Pada pukul 18.00-19.00, kondisi jantung mulai lemah. Jika Mama mandi pada jam-jam tersebut, tubuh bisa kaget dan mengalami kematian mendadak. Selain itu, mandi pada waktu itu dapat meningkatkan terjadinya risiko penyakit paru-paru basah.

Baca: Perlukah Mandi Sebelum Berenang?

3. Sesudah Isya hingga pukul 24.00
Jantung akan beristirahat sesudah waktu Isya (sekitar pukul 19.00 lewat). Mandi pada saat itu akan menyebabkan terjadinya kerusakan jantung. Bahkan, mandi pada waktu itu juga merupakan salah satu penyebab utama Mama mengalami penyakit reumatik. Intinya, mandi sesudah pukul 19.00 hingga tengah malam memang tidak disarankan.

Namun bukan berarti Mama tak boleh mandi, ya. Kalau ingin mandi karena kegerahan, ini lho waktu yang tepat untuk mandi:

Baca: Bayi Baru Lahir Tak Perlu Langsung Dimandikan, Kenapa Ya?

1. Pagi hari
Mandi pada pagi hari sangatlah disarankan karena air memiliki kandungan ozon yang tinggi, sehingga membuat tubuh Mama menjadi lebih segar dan awet muda. Tak hanya itu, mandi pada pagi hari juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

2. Waktu ashar
Mandi setelah ashar bisa meningkatkan risiko kematian mendadak. Berbeda halnya jika Mama mandi pada waktu ashar. Pasalnya akan membuat tubuh Mama menjadi lebih segar dan mampu meningkatkan kekebalan tubuh. Hasilnya, Mama tak mudah terserang penyakit.

Baca: Ini Bahayanya Bila Ibu Hamil Mandi Air Hangat

Nah, sudah tahu kan kapan waktu mandi yang tidak disarankan, dan waktu yang tepat untuk mandi? Coba ikuti agar Mama bisa segar dan tetap sehat.

Sumber : ["doktersehat.com"]

Reporter : Puri
Editor : Puri

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×