Ibu Perlu Tahu. Ini 7 Tanda Anak Cacingan!

  • Rabu, 11 Oktober 2017 15:30 WIB

Penting Ibu Tahu! 7 Tanda Anak Cacingan

Nakita.id -  Perlu Ibu tahu, yang disebut cacingan sering tanpa gejala dan keluhan. Padahal banyak cacing sudah berlindung di usus anak dan tetap akan berada di sana sampai diobati.

Cacing parasit ini diam-diam akan mengambil dan menyerap asupan vitamin dan mineral anak-anak, sehingga menggangu tumbuh-kembang anak dan akhirnya memperburuk kesehatannya.

Jika diabaikan atau tidak diobati, hal itu bisa menyebabkan kekurangan gizi, kekurangan zat besi, berat badan rendah dan memengaruhi kesehatan fisiknya.

Maka, Ibu perlu tahu  7 tanda anak mengalami cacingan:

1# Meludah: Jika anak mulai banyak meludahkan air liurnya tanpa sebab atau alasan apa pun, sebaiknya Ibu jangan memarahinya. Ini bukan pertanda tingkah laku anak yang buruk, tapi cacing di perut.  Peningkatan air liur di mulut disebabkan karena cacing membuat anak sering meludah.

(Baca juga : 8 Fakta Seputar Cacingan)

2# Tinja berbau busuk: Tentu kotoran tidak pernah berbau harum, tapi bau busuk dari kotoran anak menandakan adanya infeksi di perut yang bisa disebabkan cacing.

3# Nyeri perut: Ini adalah gejala umum cacing di usus, tapi bisa juga salah satu masalah kesehatan lainnya.

4# Gatal di sekitar anus: Cacing mencapai anus, terutama pada saat pagi hari dan bisa membuat anak mudah rewel karena gatal yang dideritanya. Hal ini sangat membuat frustrasi seorang anak jika tidak ditangani, terutama balita.

(Baca juga : Awas, Cacingan Bikin Kecerdasan Anak Turun)

Sumber : thehealthsite.com

Reporter : Avrizella Quenda
Editor : Santi Hartono

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×