Riset: Perempuan yang Memiliki Anak Akan Berumur Lebih Panjang

  • Senin, 20 Maret 2017 16:39 WIB

Umur panjang ternyata menjadi salah satu manfaat punya anak

Nakita.id – Apakah Ibu merasa penampilan jadi jauh lebih tua setelah punya anak? Jangan buru-buru menyimpulkan, faktor anak mempercepat proses penuaan, datangnya penyakit, dan kematian, sebab sebuah penelitian terbaru justru mengungkapkan manfaat punya anak bagi kesehatan. Sebuah penelitian yang diterbitkan Journal of Epidemiology and Public Health pada Maret 2017 menunjukkan perempuan yang memiliki anak akan hidup lebih lama.

Baca juga: Punya Anak Tunggal Lebih Baik, Tahu Kenapa?

Dalam studi ini, para peneliti yang berasal dari Swedia menganalisis data dari 725.000 perempuan dan 700.000 laki-laki berusia di atas 60 tahun. Para peneliti melihat berbagai faktor yang berhubungan dengan penyebab kematian dan membandingkannya dengan status pernikahan. Hasilnya, pada usia 60 tahun para perempuan yang punya anak hidup 1,5 tahun lebih lama daripada perempuan yang tidak memiliki anak. Sementara pada responden laki-laki yang memiliki anak, mereka hidup dua tahun lebih lama dibanding laki-laki yang tidak memiliki anak.

Baca juga: 5 Penyebab Pasangan Sulit Punya Anak

Meski penelitian ini tidak menunjukkan sebab akibat, umur panjang juga berhubungan dengan dukungan anak pada masa tua. “Kami menemukan bahwa ada hubungan antara dukungan anak terhadap kehidupan orangtua saat bertambah usianya,” ujar para peneliti. Selain itu, beberapa penelitian sebelumnya juga melihat bahwa anak-anak cenderung membantu orangtua untuk menurunkan risiko kematian.

Tidak hanya soal kesehatan fisik saja, memiliki anak juga bermanfaat bagi kesehatan mental seseorang. Dengan adanya anak orangtua bisa merasakan kesejahteraan mental. Dalam buku The Case for Marriage: Why Married People Are Happier, Healthier and Better Off Financially menunjukkan bahwa orangtua yang memiliki anak akan membuat kehidupan mereka menjadi lebih kaya dan lengkap karena mereka akan melampaui kekuatan mereka sendiri saat mengasuh anak. Kesulitan mengasuh anak membuat orangtua mendorong dirinya sendiri untuk jadi sosok yang lebih baik.

Baca juga: Pikir-pikir Lagi: Pertimbangkan Hal Ini Sebelum Memutuskan Punya Anak

Ibu juga akan jadi sosok yang lebih percaya diri ketika memiliki anak. Goldman Marcus, MD, penulis buku The Joy of Fatherhood: The First Twelve Month, mengungkapkan anak kerap kali menjadikan orangtua sebagai contoh. “Ketika menjadi contoh, ayah dan ibu akan lebih berkomitmen dan menjadi lebih percaya diri melakukan berbagai hal agar anak juga mengikuti jejak yang sama,” ujarnya. Wah ternyata ada banyak hal yang Ibu dapatkan dengan memiliki anak sehingga Ibu perlu mensyukuri kehadiran anak.

Sumber : []

Reporter : Gisela Niken
Editor : Heni Wiradimaja

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×