Waspada, 8 Tanda dan Gejala Tak Biasa dari Kambuhnya Kanker Payudara

  • Rabu, 11 Oktober 2017 15:00 WIB

Waspada, 8 Tanda dan Gejala Tak Biasa dari Kambuhnya Kanker Payudara | Huffington Post

Nakita.id - Perempuan memang sangat rentan mengalami kanker payudara, dan penyakit ini menjadi penyumbang terbesar jumlah kematian perempuan yang kian meningkat.

Saat kanker payudara sedang dalam tahap awal operasi, maka penderita juga akan melakukan tindakan medis, yakni kombinasi kemoterapi-radiasi untuk mengobatinya.

Untuk tahap awal kemoterapi dan radiasi dilakukan untuk menghentikan perkembangan penyakit.

Namun, dalam beberapa kasus, kemungkinan kekambuhan kanker akan selalu ada dan mungkin tidak selalu kembali ke area payudara, tetapi menjalar ke bagian tubuh berbeda.

Berikut adalah beberapa tanda dan gejala, menurut Dr Rucha Kaushik, ahli bedah onkologi, Rumah Sakit PD Hinduja dan pusat penelitian medis, Mumbai yang mengindikasikan kambuhnya sel-sel kanker:

(Baca juga : Waspada, Ini Tanda-tanda Kanker yang Sering Diabaikan Orang)

1. Batuk dan pilek berulang: Sekilas gejala ini tampak normal, namun jika sudah meminum obat resep dokter tapi tak mempan, artinya ada infeksi di tubuh Ibu yang memerlukan perhatian. 

Jangan abaikan batuk dan pilek yang berkepanjangan. Jika bertahan lebih dari seminggu, hubungi dokter dan jadwalkan tindak lanjut.

2. Demam tingkat rendah: Demam adalah respons tubuh terhadap infeksi dan biasanya mereda dengan pengobatan atau dengan sendirinya, jika sel kekebalan tubuh Ibu mampu melawan infeksi.

Jika demam tak juga reda dalam satu sampai dua hari, lebih baik diperiksa untuk mengetahui apa yang menyebabkan masalah.

Sumber : thehealthsite.com

Reporter : Avrizella Quenda
Editor : Santi Hartono

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×