Inilah yang Akan Terjadi Bila Sperma Tertelan

  • Selasa, 13 Desember 2016 16:16 WIB

Inilah yang Akan Terjadi Bila Sperma Tertelan

Tabloid-Nakita.com - Oral seks merupakan salah satu variasi seks untuk mencegah kebosanan. Nah, salah satu risiko dari oral seks adalah sperma tertelan secara tak sengaja. Apakah yang akan terjadi seandainya air berisi benih tersebut tertelan dan masuk ke dalam tubuh? Sebelum membahas hal itu, kita bedah dulu komposisi sperma terlebih dahulu.  

Baca juga: Ternyata, Sperma Ampuh Basmi Jerawat. Begini penjelasannya

Cairan sperma sebagian besar terdiri atas cairan plasma seminalis, sebagian kecil adalah sperm (sel spermatozoa) dan mucus (lendir). Cairan sperma Sebagian besar terdiri dari protein. Sperma juga mengandung fruktosa, protein dan spermin. Kandungan fruktosa, glukosa, zat besi, diperlukan sebagai makanan sperma dan menunjang kehidupan sperma di dalam kandungan.

Sebuah riset Johnson dan Everitt dalam bukunya Essential Reproduction (2000) mengungkapkan bahwa air mani berisi kandungan gizi yang tinggi. Dalam ejakulasi khas (kira-kira satu sendok teh), air mani sudah mengandung 150 mg protein, 11 mg karbohidrat, 6 mg lemak, 3 mg kolesterol, 7 persen US AKG kalium, tembaga dan seng.

Baca juga: 4 Fakta Penentu Bayi Laki-laki atau Perempuan

Bagaimana bila sperma tertelan? Selama kondisi suami sehat, sejatinya tidak ada apa pun yang terjadi jika kita menelan sperma karena cairan tersebut akan langsung masuk ke dalam pencernaan.

Meski demikian, ternyata ada manfaat dari menelan sperma, terutama jika terjadi pada bulan-bulan akhir kehamilan. Menurut penelitian tahun 2000 di Belanda, menelan sperma bisa mengurangi risiko preeklampsia dalam kehamilan.

Menurut penelitian itu, kandungan di dalam sperma beradaptasi dengan sistem kekebalan tubuh ibu sehingga bisa menerima protein asing yang ada di sperma, seperti halnya yang ada di plasenta dan janin. Hal itu akan membuat tekanan darah turun dan menurunkan risiko preeklampsia.

Baca juga: Ternyata 40 juta sperma saja tidak cukup membuat Mama hamil. Ini jumlah sperma yang dibutuhkan agar bisa hamil

Studi lain juga menunjukkan, ada penyebab wanita sulit hamil yaitu karena antibodi di tubuhnya menghancurkan protein atau antigen yang ada di cairan mani pasangannya. Dengan melakukan seks oral dan menelan cairan mani pasangannya, bisa membuat kehamilan bisa terjadi karena antigen dari sperma sudah tertelan. Meski begitu, hipotesa ini masih perlu dibuktikan lagi.

Yang perlu diketahui juga adalah cairan mani bisa mengandung virus yang menular lewat cairan tubuh. Risiko penularan penyakit, terutama HIV, klamidia, dan gonorhea, memang perlu diperhatikan.

 

Sumber : ["Kompas.com"]

Reporter : Saeful Imam
Editor : Ipoel

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×