Sedang Berusaha Hamil? Ini Pola Makan Tepat yang Perlu Dilakukan

  • Kamis, 29 Desember 2016 14:45 WIB

Pola makan tepat akan membantu Mama cepat hamil

 

Tabloid-Nakita.com – Kehamilan menjadi hal yang diusahakan setiap pasangan. Mama perlu menyiapkan diri untuk kehamilan termasuk nutrisi yang masuk. Tidak hanya mengonsumsi makanan agar cepat hamil, makanan yang tepat juga baik untuk tumbuh kembang janin kemudian hari. Mama yang sedang mencoba hamil sebaiknya banyak konsumsi daftar makanan berikut ini.

Baca juga: Makanan alami untuk meningkatkan kesuburan

1.Makan banyak buah-buahan dan sayuran

Buah dan sayur menjadi vitamin dan mineral yang alami bagi Mama yang ingin hamil. Sayuran seperti bayam dan brokoli kaya akan vitamin B dan asam folat. Makanan yang kayak akan asam folat sangat baik untuk persiapan kehamilan dan mencegah cacat lahir tabung saraf. Buah-buahan seperti jeruk dan strawberry mengandung tinggi vitamin C. Hal ini akan membantu tubuh menyerap zat besi lebih mudah.

2. Memilih ikan

Ikan dan aneka makanan laut memiliki asam lemak omega-3 yang tinggi. Kandungan lemak dalam ikan memiliki dampak positif pada kesuburan. Asam lemak omega-3 dapat melancarkan ovulasi, meningkatkan kualitas telur bahkan mencegah kerusakan ovarium. Kandungan omega-3 penting pula untuk perkembangan otak dan mata bayi sehingga baik untuk perkembangan janin. Mama juga sebaiknya memilih ikan yang bebas merkuri seperti salmon, udang, nila dan lele.

Baca juga: 5 jenis makanan yang buruk untuk kesuburan wanita

3.Meningkatkan asupan zat besi

Zat besi mengandung mineral yang tinggi. Kekurangan zat besi pada saat pembuahan dapat memengaruhi janin sehingga meningkatkan risiko pada janin. Mama bisa mengalami anemia yang menyebabkan sel darah merah jadi rendah dan menguras energi Mama. Zat besi bisa didapatkan dari daging merah ataupun vitamin tambahan yang dapat memberikan zat besi tambahan.

Baca juga: Daftar makanan wajib untuk kesuburan pria dan wanita

4. Makan karbohidrat kompleks

Makanan agar cepat hamil yang perlu Mama perhatikan adalah karbohidrat kompleks. Gandum serta aneka biji-bijian seperti beras merah dan oatmeal jadi makanan yang baik sebelum Mama hamil ataupun saat sedang hamil. Karbohidrat kompleks dapat membantu tubuh untuk menyerap nutrisi penting seperti serat, vitamin B dan zat besi. 

Sumber : ["baby center"]

Reporter : Gisela Niken
Editor : Gisela Niken

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×