3 Kesalahan Umum Orangtua yang Membuat Anak Kecanduan Gadget

  • Senin, 4 April 2016 11:50 WIB

3 Kesalahan Umum Orangtua yang Membuat Anak Kecanduan Gadget

Tabloid-Nakita.com – Tahukah Mama bahwa di suatu saat nanti akan ada masa di mana seluruh orang tidak mampu meninggalkan gadget. Setiap saat dan waktu hanya menatap layar saja. Untuk mencegah hal ini terutama pada anak, Mama perlu menjadi sosok pengawas bagi anak. Namun, sebagian orangtua justru melakukan kesalahan sehingga membuat anak kecanduan gadget dan kesalahan ini cenderung umum terjadi. Hal ini tentu berbahaya bagi anak.

Baca juga: Ciri-ciri anak kecanduan gadget

1.Tidak memberikan batasan dalam teknologi
Tidak terbayangkan sebelumnya bahwa teknologi akan mudah untuk dicapai oleh anak. Dengan hanya menggunakan jari, anak akan dengan mudah mengetahui aneka informasi dari belahan dunia manapun. Peran orang tua sangat dibutuhkan dalam hal ini. Menjaring informasi menjadi salah satu tugas orang tua. Hal ini merupakan pembatasan dalam teknologi. Mama mungkin cenderung membiarkan anak karena anak biasanya jadi lebih diam tidak banyak ulah dengan gadget.

Keterbukaan juga menjadi unsur penting dalam pengawasan gadget. Mama dan Papa harus mengajak berbicara pada anak jika merasa ia mulai membuka situs atau mendapati konten yang tidak sesuai. Mama dan Papa tak perlu memarahinya sebab hal ini terjadi karena tidak ada batasan dalam teknologi. Anak sudah memiliki fasilitas juga perlu dibatasi waktu penggunaannya agar tidak membuat anak kecanduan.

Baca juga: Ini bahaya bermain gadget sambil tiduran

2.Tidak menciptakan waktu keluarga tanpa teknologi
Ini sering terjadi akibat Mama dan Papa yang sibuk dengan berbagai urusan. Gagdet bisa jadi pelarian anak ketika ia tidak memiliki sesuatu berharga untuk dilakukan. Mama dan Papa seharusnya bisa mengalihkan perhatian dari gadget dengan meluangkan waktu bersama. Mengajaknya kegiatan di luar ruangan juga menyenangkan. Jika merasa tidak punya waktu bersama, cobalah untuk meluangkan 15 hingga 30 menit untuk bermain tanpa menggunakan gadget. Hal ini akan merangsang anak bahwa tanpa gadget segala sesuatu juga bisa lebih menyenangkan.

Baca juga: Ini cara mengatasi anak kecanduan gadget

3.Orangtua ikut gila gadget.
Ini merupakan hal juga sering terjadi. Mama dan Papa merupakan contoh bagi anak. Apa yang Mama dan Papa lakukan pasti dianggap sesuatu yang tidak masalah untuk dilakukan. Sehingga percuma ketika memarahi anak tetapi Mama dan Papa ikut kecanduan gadget. Untuk mengatasi hal ini, Mama dan Papa harus berkomunikasi dengan anak untuk membuat aturan bersama dengan keluarga. Misalnya jam berapa saja boleh membuka gadget. Hal ini akan membuat anak menjadi merasa lebih diperhatikan.

Pengawasan kepada anak agar mencegah anak kecanduan gadget harus dilakukan maksimal oleh orangtua. Dampak buruk gadget sudah dipaparkan oleh berbagai penelitian. Anak akan mengalami kesulitan dalam bersosialisasi, tidak percaya diri hingga mengalami gangguan tidur. Jangan sampai kesalahan Mama dan Papa justru membahayakan anak.

(Niken/Psychology Today) 

Reporter : Gisela Niken
Editor : Gisela Niken

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×